Dharmasraya Gelar Lomba Cerita Rakyat | Redaksi Sumbar

Dharmasraya Gelar Lomba Cerita Rakyat

Dharmasraya Gelar Lomba Cerita Rakyat Dibaca : 303 Kali
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya dalam waktu dekat bakal menggelar Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Menurut rencana, lomba yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan itu akan dilaksanakan pada tanggal 27 April mendatang, yang pelaksanannya dipusatkan di GPU Pulau Pulau Punjung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmaraya, Nasution, melalui Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Ngalimin, menjelaskan, lomba ini akan diikuti oleh 22 peserta yang merupakan utusan UPTD di 11 kecamatan.

“Pelajar yang diutus menjadi peserta pada lomba bercerita tingkat kabupaten ini merupakan pelajar yang telah lolos seleksi di tingkat UPTD,” ujar Ngalimin.

Lomba bercerita ini, lanjut Ngalimin, selain bertujuan untuk seleksi ke tingkat provinsi, juga dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan minat dan budaya baca sejak usia dini.

Adapun, materi yang akan dilombakan dalam lomba bercerita ini, sambung Ngalimin lagi, bersumber dari cerita rakyat Kabupaten Dharmasraya.

“Ada dua judul cerita rakyat yang akan dilombakan, yaitu Penunggu Tikungan Padang Bintungan dan Si Bunian Gunung Lalo,” bebernya.

Sementara itu, ada empat komponen yang akan dinilai dalam lomba bercerita ini. Pertama, penampilan, apakah peserta tampil dengan santai/wajar, penuh percaya diri, menyakinkan dan mantap atau sebaliknya. Kedua, cara bercerita atau teknik bercerita. Ini berkaitan dengan volume suara, artikulasi, diksi, tempo, kecepatan serta proyeksi, dan penguasaan panggung. Ketiga, penguasaan materi, apakah peserta mampu menguasai dan menghayati isi cerita yang dibawakan. Kemudian keempat, kemampuan/skill peserta. Apakah peserta mampu mendayagunakan seluruh kemampuan dirinya dengan memadukan ketiga unsur penilaian di atas secara kreatif, efektif dan inovatif.

Baca Juga :  Pemkab Dharmasraya Laksanakan Upacara Harhubnas Tahun 2017

Dalam lomba ini akan diambil enam orang pemenang, yaitu Juara I, II dan III, serta Harapan I, II dan III. “Setiap pemenang akan diberikan piagam, trophy dan tabanas.[Irwan/Rizal]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close