Diduga Arus Pendek, Rumah Bertingkat Terbakar | Redaksi Sumbar

Diduga Arus Pendek, Rumah Bertingkat Terbakar

Diduga Arus Pendek, Rumah Bertingkat Terbakar Dibaca : 781 Kali
Bagikan:

Padang, Redaksisumbar.com – Diduga akibat hubungan arus pendek, sebuah rumah di kawasan Alai, RT 01 RW 03 Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh ludes dibakar api pada Minggu (22/1) sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Pantauan di lokasi kejadian, api membara begitu cepat karena bangunan yang besar tersebut antara rumah yang berdempetan dengan rumah yang lainnya. Pekikan histeris tidak dapat terelakkan oleh salah satu penghuni rumah bernama Sinta (31).

“Dimana kita tinggal lagi, dimana kita beristirahat, hancur sudah rumah kita terbakar,” teriak perempuan bertubuh mungil tersebut. Kejadian berawal disaat salah seorang saksi bernama Syamsul (59) melihat dari jauh ada asap tebal datang dari salah satu rumah tempat ia bertugas di SMAKPA Padang tersebut.

“Saya lalu memanggil warga yang lain dan di lokasi kejadian sudah ramai warga yang membantu menyelamatkan barang korban dan memadamkan api dengan peralatan seadanya,” ucap Syamsul.

Sedianya, 15 menit sedang terjadi kebakaran, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Kota Padang kemudian dikerahkan ke lokasi kejadian, namun besarnya api dan angin yang cukup kencang karena Kota Padang baru saja dilanda hujan sepanjang Minggu (22/1) pagi hingga sore membuat petugas cukup kewalahan.

“Kami kemudian menurunkan setidaknya enam unit mobil lagi ke lokasi kejadian karena api yang cukup besar dan kendala yang kami terima karena akses masuk ke rumah yang terbakar cukup besar. Beruntung dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa serta sumber air yang sangat dekat dari lokasi kejadian membuat api cepat dipadamkan,” terang Kadis Damkar Kota Padang melalui Kabid Damkar, Basril.

Kapolsek Pauh, Kompol Alwi Hasykar mengatakan bahwa saat ini pihak kepolisian tengah berupaya mencari tahu penyebab kebakaran dan asal mula api yang menghanguskan rumah bertingkat tersebut.

Baca Juga :  Goa Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional

“Kita masih mencari tahu penyebab kebakaran dan untuk dugaan sementara karena arus pendek. Kerugian dari data awal yang berhasil kita himpun mencapai Rp500 juta,” ujar Alwi.

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 03, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh. Rita Sumarni menyebut bahwa sesaat sebelum terjadi kebakaran, rumah tersebut sedang dalam tahap renovasi karena akan dibangun bertingkat.

“Ada pekerja bangunan yang sedang beraktifitas disana, dan mereka sedang melakukan pemotongan kayu dengan menggunakan mesin, lalu korslet dan tidak lama terjadilah kebakaran,” ucap Rita.

[adl]

 

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close