Diduga Pungli, Oknum Sekna Ditangkap Tim Saber Pungli Polres Pessel | Redaksi Sumbar

Diduga Pungli, Oknum Sekna Ditangkap Tim Saber Pungli Polres Pessel

Diduga Pungli, Oknum Sekna Ditangkap Tim Saber Pungli Polres Pessel
Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Kepolisian Resort Pesisir Selatan (Polres Pessel), saat melakukan operasi tangkap tangan (OTT), terhadap seorang oknum Sekretaris Nagari yang bertugas di Kantor Walinagari Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Saribaganti, dengan inisial "Y". Pada Senin, (8/5/2017) kemaren. (*)
Dibaca : 78 Kali
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Pessel, melakukan operasi tangkap tangan (OTT), terhadap seorang oknum Sekretaris Nagari yang bertugas di Kantor Walinagari Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Saribaganti, dengan inisial “Y”. Senin, (8/5/2017) kemaren.

“Benar, penangkapan itu, terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pungutan liar (Pungli), terhadap pengurusan Redist pada tahun 2014,” terang Kasat Reskrim AKP. Muhardi Ilyas kepada Wartawan diruangannya. Selasa, (9/5/2017)

Dijelaskannya, pihaknya selaku tim Saber Pungli, tetap akan komit dan tegas dalam memberantas setiap pelaku pungutan liar tersebut. Sebab, hal itu merupakan intruksi langsung dari pimpinan untuk menciptakan suasana yang kondusif diwilayah hukumnya.

“Pada saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut, pelaku tidak berkutik dan hanya pasrah kepada petugas. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan saat itu adalah uang tunai sebanyak Rp 2.300.000, sertifikat tanah sebanyak 80 eksamplar, satu buah buku catatan uang masuk pembayaran Redist, satu buah buku catatan uang keluar pembayaran Redist, dan satu lembar berita acara hasil musyawarah antara Bamus dengan pihak Nagari,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, terhadap pelaku “Y”, berdasarkan hasil introgasi awal dan gelar perkara, maka selanjutnya akan ditingkatkan ke pihak penyidikan dengan diterbitkannya Laporan Polisi (LP), Nomor 144/A/V/2017.

“Untuk sementara waktu, “Y” kita tahan di Mapolres Pessel, pelaku dijerat UU No 31 Tahun 1999, tentang pidana Korupsi dengan ancaman 4 tahun penjara,” tutupnya.[Rega Desfinal]

Bagikan:
Baca Juga :  Pelestarian Kesenian Minang Butuh Perhatian Pemerintah
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close