Diduga Salah Gunakan Visa, Tim PORA Imigrasi Padang Amankan 2 WNA Asal Tionghoa di Tambang Emas Solsel | Redaksi Sumbar

Diduga Salah Gunakan Visa, Tim PORA Imigrasi Padang Amankan 2 WNA Asal Tionghoa di Tambang Emas Solsel

Diduga Salah Gunakan Visa, Tim PORA Imigrasi Padang Amankan 2 WNA Asal Tionghoa di Tambang Emas Solsel
Tim PORA bersama dua WNA yang diduga melakukan penyalahgunaan visa wisata sebagai pekerja penambang emas illegal di Solok Selatan.
Dibaca : 146 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Tim Pengawas Orang Asing (PORA) Imigrasi Kelas I Padang, Sumatera Barat mengamankan dua Warga Negara Asing (WNA) di lokasi penambangan emas di Kabupaten Solok Selatan Jumat (17/3/2017) sekitar pukul 20.00 WIB. Diduga kedua WNA ini, telah menyalahgunakan visa kunjungan wisata sebagai tenaga kerja di lokasi penambangan emas.

Dari informasi yang di rangkum, keduanya yakni, Lu Shi Ping (30) dan Qin Qi Siou (48) merupakan warga Tionghua yang bekerja sebagai penambang emas illegal di lokasi area Hak Guna Usaha (HGU) PT. Andalas Merapi Timber (AMT) yang berada di Jorong Jujutan, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan. Selain itu, satu orang transleter, Iyot Hermawan (55) warga Jakarta Pusat juga turut diamankan.

Keduanya diamankan setelah, mendapati laporan atas aktivitas keduanya di lokasi penambangan emas melalui informasi intel. Setelah itu, aktivitas keduanya dilaporkan ke Imigrasi Kelas I Padang.

“Berangkat dari laporan intel itulah, pihak Imigrasi langsung menuju Solok Selatan. Bersama, Intel Kodim 0309 Solok, Intel Polres Solok Selatan langsung melakukan pencarian WNA itu. Alhasil, keduanya ditemukan di camp milik PT AMT,” kata Anggota Intel Kodim 0309 Solok, Serka Abdul Rais, yang ikut pencarian dalam rombongan tersebut.

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan Imigrasi Kelas I Padang sementara dilapangan, ditemukan adanya pelanggaran penyalahgunaan visa wisata untuk bekerja. Apalagi, pekerjaan yang illegal.

“Pada malam itu juga, kedua WNA dan satu transleter di bawa ke Imigrasi Kelas I Padang untuk proses lebih lanjut,” kata dia.

Menurut penjelasan Imigrasi lanjut dia, jika di temukan kesalahan. Apalagi penyalahgunaan visa ini. Keduanya akan di deportasi

Dalam pencarian tersebut dilakukan oleh 6 personel  dari Imigrasi Kelas I Padang, 2 personel Intel Kodim 0309 Solok, 2 personel Intel Polres Solok Selatan. [Dicky]

Bagikan:
Baca Juga :  Video: Sebuah Rumah Hangus Terbakar Dikawasan Gantiang Kota Padang Akibat Obat Nyamuk
Tags: , , ,



No Responses


close