Diguncang Gempa Lima Kali, Masyarakat Ambon Jangan Panik

Diguncang Gempa Lima Kali, Masyarakat Ambon Jangan Panik
Seismik gempa Ambon. (SIAGA BENCANA)
Bagikan:

AMBON, RedaksiSumbar.com – Gempa yang terjadi d Kota Ambon, Maluku sebanyak lima kali pada Selasa (31/10/2017) sekitar pukul 18.31 WIB telah membuat masyarakat di daerah yang terkenal akan sejuta lagunya tersebut menjadi panik.

Informasi yang berhasil dihimpun, BMKG melaporkan gempa pertama dengan kekuatan 5,7 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 50 kilometer Baratdaya Kota Ambon pada 31/10/2017 pukul 18.31 Wib. Gempa kedua dengan kekuatan 5,6 SR, dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 40 kilometer pada 47 kilometer Baratdaya Kota Ambon.

Kemudian gempa ketiga dengan kekuatan 6.2 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 38 kilometer Baratdaya Kota Ambon pada pukul 18.50 Wib. Selang sembilan menit kemudian, gempa keempat dengan kekuatan 5,2 SR pada kedalaman 17 kilometer di 45 kilometer Baratdaya Kota Ambon pukul 18.59 WIB dan gempa kelima berkekuatan 5,6 SR pada kedalaman 10 kilometer di 37 Baratdaya Ambon.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakab bahwa saat terjadinya gempa, sebagian masyarakat tengah melaksanakan rutinitas ibadah dan masih berada di kawasan pertokoan.

“Masyarakat masih berada di luar rumah untuk mengantisipasi gempa susulan. Belum ada laporan korban jiwa dan jumlah pasti kerusakan bangunan. BPBD Kota Ambon dan BPBD Provinsi Maluku masih melakukan pendataan. Intensitas gempa hingga VI MII diperkirakan ada kerusakan bangunan, khususnya bangunan yang kontruksinya tidak tahan gempa, seperti yang terjadi di Maluku City Mall.

Dirinya menghimbau untuk tetap tidak panik terpancing isu adanya tsunami.

“Kami mengmbau agar warga tetap berada di luar rumah dan bangunan. Cari tempat yang aman. Kondisi listrik tetap menyala di Kota Ambon. Komunikasi telpon masih normal. Informasi akan diberikan secara kontinuitas oleh BPBD setempat,” himbaunya. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan