Diizinkan Masuk AS, Angin Segar Pengusaha Rumput Laut

Diizinkan Masuk AS, Angin Segar Pengusaha Rumput Laut
Sahli Mendag Bidang HI Dody Edward saat memberikan keterangan kepada awak media terkait ketersediaan harga sembako di Padang. (Istimewa)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Staf Ahli (Sahli) Menteri Perdagangan (Mendag) Bidang Hubungan Internasional Dody Edward disela-sela melakukan pemantauan kebutuhan harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa, 10 April 2018 menyebut bahwa ekspor rumput laut ke Amerika Serikat tidak dilarang, melainkan hanya terkendala kepada regulasi dan aturan baku negara Paman Sam tersebut.

“Rumput laut termasuk dalam daftar pangan organik, saat ini sudah keluar, dan sat ini kita sudah bisa ekspor rumput laut ke Amerika Serikat dan tentu saja merupakan kabar baik bagi pengusaha pangan organik tersebut,” tuturnya.

Seperti diketahui, diizinkannya rumput laut masuk ke Amerika Serikat akan efektif mulai 29 Mei 2018 hingga 29 Mei 2023. Keputusan ini juga merupakan Notifikasi Sunset Review 2018 yang memperbarui 17 bahan pangan dan organik dalam dalam daftar produk-produk yang diizinkan dan dilarang secara nasional di AS (National List of Allowed and Prohibited Substances).

Berita terkait : Indonesia Ekspor Rumput Laut ke AS Hingga 2023

“Keputusan untuk memasukkan kembali karagenan ke daftar pangan organik AS merupakan angin segar bagi pelaku usaha rumput laut Indonesia, terutama petani kecil dan pelaku industri rumput laut. Indonesia dapat terus mengekspor rumput laut dan produk turunannya sebagai salah satu produk ekspor andalan kelautan ke AS,” ujarnya.

Sebelumnya, ekspor rumput laut dan produk olahan rumput laut ke AS dari negara-negara mitra dagangnya terancam dengan rekomendasi yang dikeluarkan Badan Standardisasi Organik Nasional (National Organic Standards Board/NOSB) AS untuk mengeluarkan karagenan dari daftar pangan organik (delisting) yang disampaikan pada pertemuan ‘Sunset Review National List 2018’ November 2016 lalu.

Dengan tetap masuknya karagenan dalam produk pangan organik AS, maka potensi nilai ekspor Indonesia sebesar USD207,33 juta atas produk rumput laut dan turunannya dapat terselamatkan. Nilai ini diprediksi akan terus meningkat. [Red]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...