Dinas Pangan Dan Perikanan Dharmasraya Serahkan Bantuan Benih Ikan Ke Masyarakat Jorong Sungai Bolik

Dinas Pangan Dan Perikanan Dharmasraya Serahkan Bantuan Benih Ikan Ke Masyarakat Jorong Sungai Bolik
Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya serta Walj Nagari Gunung Selasih dan masyarakat memasang plang ikan larangan. [WN]
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya serahkan bantuan bibit ikan Jelawat sebanyak 2000 benih untuk ikan larangan Jorong Sungai Bolik, Nagari Gunung Selasih, Selasa (13/6/2017).

Penyerahan bibit ikan itu dilakukan oleh perwakilan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Askandar, S,Pi didampingi Kasi Perairan Umum, Asmaidar, S,Pi dan diterima langsung oleh Wali Nagari Gunung Selasih, H, Edi Syahroni Mt Sutan disaksikan oleh kepala jorong serta masyarakat.

Disebutkan Askandar, bantuan bibit ikan untuk ikan larangan ini tindak lannut program Kementrian kelautan dan Perikanan (KKP), guna mendorong kelestarian sumber daya alam perairan yang selaras dengan tiga pilar Pembangunan yaitu Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesejahteraan.

“Ditahun 2017 ini, Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pangan dan Perikanan sudah menyalurkan program tersebut, yaitu menyerahkan bibit ikan ke pada masyarakat. Dan ini sudah terlaksana diberikan di lima nagari se Kabupaten Dharmasraya,” jelasnya.

Untuk mendukung keberlanjutan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan penebaran kembali (restocking) ikan khususnya ikan lokal yang saat ini telah mengalami penurunan populasi di beberapa lokasi.

“Ikan Tawes, Nilem dan Udang Galah yang dulu populasinya cukup banyak dan perkembangbiakannya sangat tinggi diperairan umum. Tapi seiring dengan waktu dan penangkapan ikan yang tidak beraturan, maka populasi ikan itu menurun dan ada yang memgalami kepunahan,” ujarnya.

Wali Nagari Gunung Selasih, H, Edi Syahroni Mt Sutan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. Karena, sudah memberikan bantuan benih ikan sungai kepada masyarakat kejorongan yang ada di Nagari Gunung Selasih ini.

“Selaku Wali Nagari Gunung Selasih sangat mengapresiasi langkah dan program pemerintah ini dalam mensejahterakan masyarakat. Karena, program seperti penebaran benih ikan (Estoking) ini sangat membantu masyarakat,” sebut wali. [WN]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan