Disdukcapil Bukittinggi Tunggu Anggaran APBD Terbitkan KIA | Redaksi Sumbar

Disdukcapil Bukittinggi Tunggu Anggaran APBD Terbitkan KIA

Disdukcapil Bukittinggi Tunggu Anggaran APBD Terbitkan KIA Dibaca : 217 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi akan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang rencananya akan di terbitkan pada bulan April.

Penerbitan KIA Mandiri ini juga di dukung dengan pencairan anggaran dana dari APBD pemerintah setempat dan dibantu APBN Provinsi.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi, Masriwal, Kamis (30/3/2017) saat di temui di ruangannya mengatakan, Pemerintah telah mendukung program Disdukcapil untuk menerbitkan KIA pada bulan April nanti sekaligus pencairan dana untuk penyediaan blanko dari ABPD setempat dan di bantu oleh APBN provinsi.

“Kita masih menunggu pencairan dana tersebut untuk penyediaan blanko khusus untuk wilayah Kota Bukittinggi, dan kita sangat berharap dana yang dianggarkan telah dapat di gunakan pada bulan April sehingga pada bulan itu juga kita akan menerbitkan KIA,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk saat ini, Kota Bukittinggi telah memenuhi syarat penerbitan KIA sebesar 82% dari target nasional yakni 77% dan untuk di wilayah Sumbar hanya dua kota yang telah menerbitkan KIA yakni Kota Sawahlunto dan Pesisir Selatan.

“Untuk menerbitkan KIA ini kita juga akan menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dengan menyurati sekolah-sekolah untuk mengumpulkan persyaratan dan jika telah terkumpul, pihak kita akan menjemputnya, kemudian data tersebut akan kita bawa ke kantor dan akan diterbitkan di Disdukcapil,” pungkasnya.

Adapun syarat penerbitan KIA, sambung Masriwal sang anak harus memiliki akte kelahiran, foto dan telah terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) sehingga memudahkan pihaknya dalam pendataan dan penerbitan KIA serta sang anak belum berusia 17 tahun atau 17 tahun kurang 1 hari.

“Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi telah mencapat jumlah anak usia 0-18 tahun di Bukittinggi sebanyak 39.384 anak dan yang telah memilik akta kelahiran sebanyak 32.180 anak, dan sisanya 7.204 anak yang akan kita capai,” imbuhnya. [Debi Kurnia] 

Bagikan:
Baca Juga :  11 Maret, Bukittinggi Gratiskan Masuk Objek Wisata Berbayar
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close