Ditinggal Mudik 8 Unit Rumah di Padang Ludes Terbakar

Ditinggal Mudik 8 Unit Rumah di Padang Ludes Terbakar
Foto: Suasana Peristiwa kebakaran yang meludeskan 8 unit rumah di Padang, (18/6/18). [Dok: Redaksi Sumbar].
Bagikan:




Padang, RedaksiSumbar.com – Delapan unit rumah permanen di kawasan Parak Karakah Kleurahan Kubu Dalam RT02 RW 08 Kecamatan Padang Timur Kota Padang, senin (18/6/18) pukul 09.00 wib ludes dilalap sijago merah. Api merambat cepat kebangunan rumah diduga akibat korsleting listrik, enam dari delapan rumah yang terbakar tak berpenghuni karna ditinggal mudik oleh pemilik rumah, beruntung bangunan sekolah yang bersebelahan tak ikut terbakar.

Warga setempat dengan cepat melakukan evakuasi barang barang berharga keluar rumah untuk menghindari kemungkinan yang terjadi.

Sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan kelokasi mengalami kendala untuk menuju ketitik api dikarenakan mobil pemadam tak bisa mengakses jalan yang sempit sehingga melakukan teknik kombinasi, selain tim pemadam kebakaran, warga setempat juga ikut berjibaku dengan api secara manual sehingga api dapat dijinakan selama satu setengah jam.

Foto: Suasana warga melakukan pemadaman dengan cara manual, (18/6/18).[Dok: Redaksi Sumbar].

Foto: Suasana seorang tim pemadan mendobrak pintu rumah, (18/6/18).[Dok: Redaksi Sumbar].

Kabid Kedaruratan Damkar dan BPBD Kota padang, Yubasril mengatakan seluruh tim pemadam yang piket maupun yang tidak piket dikerahkan kelokasi untuk melakukan pemadaman, pihak Damkar mengalami kendala karna lokasi yang sangat sempit dan padat penduduk.

” Kendala yang kita hadapi pertama memasuki lokasi kebakaran memasuki jalan sempit padat hunian padat penduduk, kita memakai sistim kombinasi sambung menyambung, api dapat dijinakan selama satu setengah jam, sekarang dalam pendinginan.  Rumah yang terbakar ada 8 unit dari 14 kepala keluarga dengan, sebagian ada yang dihuni dan ada yang pergi mudik”, ucapnya.

Selain itu, Yubasril mengingatkan masyarakat jangan sampai meninggalkan rumah begitu saja dan periksalah sebelu ditinggal, karna kita tidak tau apa saja yang terjadai, tambahnya.

Saat pemadaman berlangsung pemilik rumah bernama Nova (32) serta beberapa sanak saudaranya menangis histeris melihat rumah yang telah lama mereka huni dengan cepat dilalap sijago merah.

Beruntung dari peristiwa tersebut sebuah bangunan sekolah yang berdekatan tak ikut terbakar serta tak menelan korban jiwa namun kerugian di taksir mencapai sebanyak 900 juta rupiah.[Red]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...