DPRD Pessel Gelar Paripurna HUT Ke-69. Kabupaten Pessel Satukan Tekat untuk Pessel Lebih Maju | Redaksi Sumbar

DPRD Pessel Gelar Paripurna HUT Ke-69. Kabupaten Pessel Satukan Tekat untuk Pessel Lebih Maju

DPRD Pessel Gelar Paripurna HUT Ke-69. Kabupaten Pessel Satukan Tekat untuk Pessel Lebih Maju Dibaca : 290 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Memperingati hari jadi yang ke-69 (15 April 1948 – 15 April 2017), Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan komitmen untuk satukan tekad mewujudkan Pesisir Selatan hebat, maju dan sejahtera.Peringatan hari jadi hendaknya dijadikan suatu mementum untuk evaluasi diri sebagai acuan untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik kedepanya.

“Pada hari yang bersejarah ini, kita berharap seluruh komponen masyarakat baik itu pemerintah, pihak swasta serta segenap elemen masyarakat yang ada, mampu mengingat dan mengevaluasi setiap waktu yang telah dilewati dengan penuh perjuangan, demi perwujudan cita-cita bersama untuk mencapai kehidupan dan masa depan Kabupaten Pessel yang lebih baik dan lebih maju lagi,” kata Hendrajoni pada Rapat Istimewa DPRD Pessel dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pessel 69, Sabtu (15/4) di aula Gor Zaini Zein-Painan.

Rapat Paripurna Istimewa tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra dan segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Pessel. Dihadiri lansung oleh Bupati dan Wakil Bupati Pessel, Gubernur Sumbar (mewakili), Forkompinda, Bupati dan Walikota se-Sumbar, Bundo Kanduang dan beberapa element masyarakat yang hadir pada kesempatan istimewa itu.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 tahun 1995 tentang penetapan hari Jadi Kabupaten daerah Tingkat II Pesisir Selatan, serta ditetapkan  berdasarkan undang-undang nomor 10 tahun 1948 tanggal 15 April 1948 dan Peraturan Komisaris Pemerintah Sumatera Tengah Nomor 81/KOM/U/1948 tersebut, wilayah Kabupaten Pesisir Selatan-Kerinci telah mempunyai pemerintahan yang tegas dengan wilayah yang otonomi, ulasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni juga menyebutkan, dimana rentang sejarah 69 tahun pemerintahan kabupaten Pessel, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya dan bekerja keras bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pessel.

Baca Juga :  Pol PP Pessel Sita Petasan Dari Pedagang Pasar Air Haji

“Kita patut berbangga dan memberikan penghargaan yang tulus, atas jasa dan pengabdian para pemimpin terdahulu, yang telah berjuang demi pembangunan dan kemajuan daerah, termasuk kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Pessel. Apabila kita cermati kondisi perekonomian pada tahun-tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup baik,” terangnya Bupati.

Bupati Hendrajoni berkeyakinan jika roda pemerintahan yang tengah dijalani sekarang adalah sebuah upaya dan perjalanan proses yang bergerak untuk maju demi memberikan peningkatan kesejahteraan masayarakat. Saat ini, secara bertahap melalui program-program priortas seperti bedah rumah, pengeliatan bidang pariwisata, memacu peningkatan pendidikan, dan pembangunan lainnya akan mempu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Ini adalah Pekerjaan Rumah (PR) bagi kita semua. Dengan beberapa program unggulan itu, kita berharap akan memberikan dampak yang maksimal dalam peningkatan pembangunan daerah disemua lini sehingga terwujudnya Pesisir Selatan maju,” tutup Bupati Pessel Hendrajono.

Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra saat memimpin jalannya persidangan mengajak, semua elemen untuk saling bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah. Sehingga apa yang menjadi visi-misi kabupaten yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Pessel (2016-2021) dapat terlaksana dengan baik.

“Untuk mewujudkan hal itu, tentu butuh kerjasama yang solid antara pemerintah dan DPRD sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga sehingga terciptalah pembangunan yang transparan, dan tepat guna dalam mewujudkan Pesisir Selatan lebih baik dan maju kedepanya,” pungkas Dedi Rahmanto Putra.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Alwis, mengapresiasi peningkatan yang terjadi di Pessel. Namun demikian, terkait dengan adanya perubahan kewenangan dalam penyelengaraan urusan pemerintah, pemprov menghimbau Pessel untuk segera dapat merevisi RPJMD daerah dengan mempedomani RPJMP Provinsi dan Nasional (RPJMN).

Baca Juga :  Korban Limbah Medis di Pantai Pessel Minta Sejumlah Tuntutan

“Revisi ini dalam rangka melakukan harmonisasi dan sinkronisasi terhadap perencaaan pembangunan daerah dengan rancangan pembangunan nasional sehingga dapat memacu terwujudnya visi-misi pembangunan yang terarah dalam mensejahterahkan masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pesisir Selatan, Dr. Syahrial Datuak Bandaro Kampai mengapresiasi berbagai kemajuan di kabupaten itu, mulai dari sarana dan prasarana penunjang perekonomian hingga kemajuan dunia pariwisata. “Mudah-mudahan kedepan dengan dukungan berbagai pihak serta keseriusan Pemerintah Kabupaten agar daerah ini bisa berkembang lebih pesat dan pastinya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” katanya.

Pantauan RedaksiSumbar.com di Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pessel dalam rangka peringatan hari jadi Pessel yang ke-69 berlansung kihmad. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada kesempatan itu. Selain pembacaan kilasan lahirnya Kabupaten Pessel, penandatangan MoU dengan berbagai pihak juga dilakukan, sekaligus penyerahan satu unit ambulance oleh BRI cabang Painan kepada Pemerintah Daerah. [Rega Desfinal/*]

Bagikan:
Tags: , , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close