Finalisasi Jalur Pendakian Gunung Kerinci Via Solok Selatan | Redaksi Sumbar

Finalisasi Jalur Pendakian Gunung Kerinci Via Solok Selatan

Finalisasi Jalur Pendakian Gunung Kerinci Via Solok Selatan Dibaca : 1073 Kali
Bagikan:

Solok Selatan, RedaksiSumbar.com–Sebanyak 11 orang tim lengkap yang terdiri dari staf Pemda Solok Selatan, Sekber Pencinta Alam Sumatera Barat dan Solok Selatan, Wanadri, Mapala Universitas Indonesia dan Mapala Universtitas Trisakti melakukan finalisasi survey jalur pendakian Gunung Kerinci dengan rute dari Kabupaten Solok Selatan, Senin (16/1/2017).

“Hasil finalisasi ini akan menjadi usulan resmi jalur pendakian dari Pemda Solok Selatan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS),” kata pemerhati pariwisata Suamtera Barat, Yulnofrin Nafilus.

Ia mengatakan, dengan berhasilnya nanti finaliasi jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Solok Selatan akan mendukung target Presiden dan Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta wisman per tahun pada tahun 2019.

Karena menurutnya, magnet pendakian gunung luar biasa besarnya, “Sekarang saja sudah banyak yang antri dan tidak sabar untuk naik gunung kerinci dari Solok Selatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pendakian gunung kerinci dari Solok Selatan memiliki banyak kelebihan, karena rute ini jauh lebih indah dan variasi flora nya luar biasa, dan pendaki nantinya juga akan melewati suatu lembah yang memiliki banyak kura-kura raksasa pada ketinggian 2000 mdpl.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung suksesnya finaliasi jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Solok Selatan.

Sehubungan dengan target kunjungan, Kementerian Pariwisata minta target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari pendakian Gunung Kerinci sebesar 15 ribu per tahun pada tahun 2019. Muzni juga komit ke Kementerian Pariwisata untuk berjuang mencapai target tersebut jika destinasi ini bisa jadi Kawasan Ekonomi Khusus Destinasi Pendakian.

Disamping itu, Solok Selatan sebagai potensi Kawasan Ekonomi Khusus pendakian Gunung Kerinci juga didukung oleh banyaknya ragam potensi wisata seperti Nagari Seribu Rumah Gadang, beberapa air terjun tersebar di Sumatera Barat (Tansi Ampek dan Bangunrejo), Hot Water Boom, Kebun teh yang memproduksi teh hijau terbesar di Asia Tenggara, Kacang Makadamia, Nagari Seribu Sungai untuk olah raga Kayak dan Arung Jeram.

Baca Juga :  Optimalkan DAK, Kios PKL di Objek Wisata TMSBK Bukittinggi Akan Ditata Ulang

[Humas – Tim Redaksi]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close