Forjid Dharmasraya Ajak Kecamatan Sembilan Koto Lebih Peduli Lingkungan | Redaksi Sumbar

Forjid Dharmasraya Ajak Kecamatan Sembilan Koto Lebih Peduli Lingkungan

Forjid Dharmasraya Ajak Kecamatan Sembilan Koto Lebih Peduli Lingkungan Dibaca : 348 Kali
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com – Dua minggu sudah kegiatan membersihkan semak-belukar di sepanjang Jalan Lintas Utama menuju Kecamatan Sembilan Koto, Kabupaten Dharmasraya dilakukan. Biasanya, setiap jalan yang di lalui oleh masyarakat di sisi kiri dan kanannya telah dipenuhi semak-belukar. Hal ini tentu saja dapat membahayakan pengendara terutama di setiap tikungan yang dapat mengakibatkan kecelakaan fatal bagi masyarakat yang melintasi jalan-jalan di setiap nagari menuju Kenagarian Silago tersebut.

Melihat kondisi jalan ini, Forum Jurnalis Independen Dharmasraya (FORJID) yang di ketuai oleh Juprial, bersatu-padu dengan seluruh anggota Forjid, membuat program sosial dengan melakukan pembersihan jalan tersebut. Mulai dari Kenagarian Koto Nan Ampek di Dauah, hingga rencananya akan di lanjutkan sampai ke Kenagarian Silago.

Bakti sosial ini sesuai dengan apa yang sekarang sedang digembor-gemborkan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, yaitu mengembalikan budaya gotong royong di setiap kecamatan.

Juprial, saat di temui awak Redaksisumbar.com mengatakan, “Saya merasa heran dengan Kecamatan Sembilan Koto ini, kok tidak ada sedikit pun kepedulian dengan lingkungan. Seperti apa yang kita lihat bersama, semak-semak yang sudah menutupi sebahagian bahu jalan yang mereka lalui setiap keluar-masuk kecamatan ini, mereka biarkan saja.

Kami melakukan kegiatan ini agar pemerintahan setiap nagari yang ada di Kecamatan Sembilan Koto ini bisa mengerahkan masyarakatnya untuk ikut bergotong royong bersama kami. Tapi sepertinya, masyarakat dan Pemerintahan Nagari tidak peduli dengan apa yang kami lakukan di nagari mereka yang seharusnya lebih peduli dengan kondisi jalan tersebut,” pungkas Juprial.

Salah seorang yang mengaku masyarakat Koto Nan Ampek di Bauah saat di temui di pondok sawah tempat tinggalnya mengatakan, “Saya sangat berterima kasih kepada anak-anak wartawan yang telah peduli dengan nagari saya. Karena apa yang dilakukan anak-anak wartawan ini sangat bermanfaat besar bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sembilan Koto ini. Selama ini sudah banyak kecelakaan yang terjadi di tiap tikungan yang telah ditutupi semak-belukar tersebut. Maut mengintai anak-anak kami sewaktu berkendaraan. Atas kerja keras dan kebaikan yang diberikan anak-anak wartawan kepada kami, kami ucapkan terima kasih walau tidak di perhatikan oleh masyarakat di sini,” jawabnya.

Baca Juga :  Leony, Dilepas Di lahan Enklosur Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya

Di tempat terpisah, Ir. Junaidi Yunus selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Dharmasraya mengatakan, “Saya sangat mensupport setiap kegiatan yang dilakukan oleh Forjid. Dan kami siap menyokong dan membantu apa yang di butuhkan Forjid,” jelasnya.  [Irwan]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close