Gas LPG 3 Kilogram Langka di Solok Selatan | Redaksi Sumbar

Gas LPG 3 Kilogram Langka di Solok Selatan

Gas LPG 3 Kilogram Langka di Solok Selatan Dibaca : 188 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sejumlah pedagang kecil dan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat keluhkan langkanya Gas LPG 3 kilogram bersubsidi di pasaran sejak sepekan terakhir. Kendati pun ada, harga yang ditawarkan pedagang jauh di atas harga resmi.

“Sejak sepekan terakhir kita sulit mendapatkan Gas LPG 3 kilogram bersubsidi di pasaran. Jikalau ada, harganya pun telah melambung tinggi di atas harga normal,” kata salah seorang pedagang gorengan di Padang Aro,  Afriyani.

Menurut dia, ini sangat menyulitkan para pedagang gorengan untuk menjalani aktivitasnya. Karena, gas ini merupakan sumber utama dalam menjalani usaha ini.

“Pada kondisi normal Gas LPG 3 kilogram ini di Solok Selatan dijual seharga Rp20.000. Namun, saat kondisi seperti ini harga gas tersebut mencapai Rp 25.000 hingga Rp 28.000. Tapi, itu pun sulit di temukan,” katanya.

Hal serupa juga dilontarkan, seorang IRT di Padang Aro, Wirya Harningsing, dia mengaku saat ini untuk menjalankan aktivitas di dapur. Dia menggunakan kayu bakar sebagai pengganti Gas LPG.

“Untuk sementara ini, penggunaan Gas LPG diganti dengan kayu bakar. Karena, untuk memperoleh Gas LPG saat ini sangat sulit,” kata dia.

Dia berharap, agar pemerintah segera mengambil tindakan agar persoalan ini tidak berlarut-larut. Karena, Gas LPG ini merupakan sumber kehidupan masyarakat.

Sementara itu, di lokasi terpisah, Romi salah satu panggkalan Gas LPG 3 kilogram di Kecamatan Sangir, membenarkan kelangkaan Gas LPG 3 kilogram. Menurut dia, kelangkaan ini menurut informasinya terjadi pengurangan pasokan kepada agen di masing-masing kabupaten/kota.

“Secara otomatis dimasing-masing pangkalan juga terjadi pengurangan pasokan. Dan berdampak, kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, pengurangan pasokan ini tidak diketahui berlangsung sampai kapan. Untuk mengantisipasi keadaan, dirinya melakukan pembagian Gas LPG  3 kilogram secara merata di wilayahnya. Artinya, gas tersebut tidak di droping pada satu wilayah. [Dicky]

Bagikan:
Baca Juga :  Solok Selatan Gelar Kejuaraan Bola Voli Tingkat Provinsi
Tags: , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close