Gempa Aceh, Sudah 25 Korban Meninggal Ditemukan, Jumlahnya Diperkirakan Terus Bertambah | Redaksi Sumbar

Gempa Aceh, Sudah 25 Korban Meninggal Ditemukan, Jumlahnya Diperkirakan Terus Bertambah

Gempa Aceh, Sudah 25 Korban Meninggal Ditemukan, Jumlahnya Diperkirakan Terus Bertambah Dibaca : 138 Kali
Bagikan:




Aceh, RedaksiSumbar–Hingga Rabu siang  (7/12), jumlah korban meninggal yang ditemukan  akibat gempa Aceh telah mencapai 25 orang. Dan luka-luka mencapai 150 orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih banyak laporan warga yang tertimpa bangunan yang belum di temukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya, Puteh Manaf saat meninjau lokasi gempa.

“Data itu belum lagi final. Hingga siang ini, masih ada belasan warga yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan,” jelasnya. BPBD Pidie Jaya hingga kini juga   belum merilis nama-nama korban yang meninggal.

Selain korban meninggal dunia, sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, di antaranya sepuluh unit ruko beserta beberapa tiang listrik. Jalan desa dilaporkan rusak. Empat rumah semipermanen juga dilaporkan roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen, dua unit rumah serta satu masjid roboh. Dan masih banyak lagi kerugian lain  yang belum terdata dan dilaporkan.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, hari ini menetapkan musibah gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, itu berstatus darurat provinsi.

fb_img_1481092367692

“Penetapan status darurat provinsi karena penanganannya harus segera dilakukan,” ujarnya.

Seorang warga Aceh bernama Tengku menceritakan bahwa ia dan keluarganya baru saja hendak sholat Subuh. Sekitar pukul lima lewat, tiba-tiba saja bumi berguncang. Mengetahui itu adalah gempa, ia dan keluarganya sontak berhamburan ke luar rumah.

“Saya masih troma dengan gempa dahsyat 2004 lalu. Kami langsung menyelamatkan diri menuju ketinggian. Takut kalau-kalau terjadi tsunami,” kenangnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis  BMKG Gempa yang terjadi pada Rabu 7 Desember 2016 ini berkekutan 6.4 SR, terjadi pada pukul 05:03:36 WIB, dikedalaman 10 km, (18 km Timur Laut Kab. Pidie Jaya). BMKG juga menginformasikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga :  BREAKING NEWS : Pesawat Jhonlin Air Transport Tergelincir

 

Pemerintah Propinsi Aceh menghimbau warganya untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi gempa susulan. Sementara itu Pemerintah akan berusaha menangani dampak gempa ini dengan mengobati yang luka dan menangani semua kerusakan di lapangan. (abe: dari berbagai sumber)

 

 

 

Bagikan:
Tags: ,



No Responses

banner 750x100