Goa Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional | Redaksi Sumbar

Goa Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Goa Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional
Tim Geopark Sumatera Barat bersama Asisten III Solok Selatan Dan Kabag Humas Solok Selatan.
Dibaca : 240 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mulai mempersiapkan usulan penetapan objek wisata Goa Batu Kapal sebagai salah satu Goepark Nasional. Ini merupakan bentuk upaya Pemkab Solok Selatan dalam pengembangan destinasi wisata didaerah itu.

“Kita akan siapkan usulan objek wisata Goa Batu Kapal sebagai salah satu Geopark. Serta akan kami buatkan perbub tentang geopark ini,” kata Asisten III Yul Amri.

Menurutnya, penetapan Goa Batu Kapal menjadi salah satu Geopark nasional berkaitan dengan datangnya tim dari komunitas geopark sumatera barat ke Goa Batu Kapal, Kamis (18/5/2017).

Ketua komunitas Geopark Sumatera Barat,  Novizar Swantry mengatakan, Goa Batu Kapal mempunyai daya tarik wisata yang sangat besar.

Menurutnya, dengan dijadikannya Goa Batu Kapal sebagai Geopark Nasional, maka wisatawan akan banyak berkunjung ke Solok Selatan. Dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan, di Solok Selatan banyak yang bisa dijadikan Geopark Nasional. Diantaranya, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Panas Bumi di Solok Selatan sebagai destinasi wisata pendidikan.

“Geopark berbeda dengan hutan lindung, kalau hutan lindung hanya alam saja, tapi geopark tidak hanya alam, tapi juga manusianya, dan budaya yang ada di suatu daerah,” katanya.

Diharapkan, usulan penetapan Goa Batu Kapal sebagai Geopark Nasional ke Pemerintah pusat itu cepat direspon agar penetapannya dapat terealisasi. [Humas]

Bagikan:
Baca Juga :  Pembangunan Masjid Agung, Forkopimda Solok Selatan Gelar Pertemuan Dengan PT. Mitra Kerinci
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close