GPPKP Agam Segera Surati Mendagri

GPPKP Agam Segera Surati Mendagri
Rusman Hakim, saat berkunjung ke ruang redaksi RedaksiSumbar.com (Iskandar Rahman)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Gerakan Pemuda-Pemudi Peduli (GPPKP) Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan segera mengirimkan surat permohonan bantuan pembangunan jalan lintas provinsi yang berada di wilayah tersebut

Rusman Hakim, Aktifis Pemuda Palembayan kepada RedaksiSumbar.com, Jumat (27/10/2017) mengatakan bahwa pihaknya akan memohon kepada pemerintah untuk menanggapi ruas jalan yang berstatus jalan provinsi di perbatasan Matur-Palembayan menuju Kabupaten Pasaman pada tahun 2012 silam.

“Dengan jumlah penduduk sebanyak 31.492 jiwa dan 6.272 Kepala Keluarga kami rasa sudah waktunya untuk dilakukan percepatan perbaikan pembangunan jalan provinsi tersebut untuk segera direalisasikan,” ucapnya saat berkunjung ke ruang RedaksiSumbar.com di kawasan Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (27/10/2017) malam.

Di Kecamatan Palembayan sendiri, terdapat enam Nagari dan 26 Jorong. Dengan adanya pelebaran dan perbaikan ruas jalan provinsi tersebut, sebutnya akan berdampak luas dari segala aspek dan menghidupkan perekonomian masyarakat setempat.

Rincian ruas jalan di kawasan tersebut adalah dari Matur-Palembayan sepanjang 20 kilometer, Padang Koto Gadang-Palembayan 37 kilometer, dan Palembayan-Palupuah sepanjang 13 kilometer.

Pertemuan Aktifis Palembayan, Rusman Hakim saat bertemu dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo di Padang beberapa waktu yang lalu. (RUSMAN HAKIM)

Sejak tahun 2014 sampai sekarang yang telah dikerjakan oleh Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Prasjal Tarkim) Sumatera Barat adalah dari Matur-Palembayan sepanjang 800 meter, Padang Koto Gadang – Palembayan lima kilometer, Palembayan-Palupuah 600 meter, dan tambal sulam di beberapa titik di kawasan Matur-Padang Koto Gadang.

“Dari volume jalan keseluruhan sepanjang 70 kilometer, baru dapat dikerjakan sepanjang 6,5 kilometer selama tiga tahun. Informasi yang kami dapatkan dari DPRD Provinsi Sumatera Barat, tahun 2018 mendatang telah dianggarkan dana pembangunan jalan sebesar Rp12 miliar, dari dana tersebut hanya bisa menyelesaikan jalan sepanjang empat kilometer. Menurut pemikiran kami, kalau hanya rata-rata tiga hingga empat kilometer per tahun, maka jalan tersebut akan tuntas dalam waktu 17 tahun,” papar Rusman.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa, aktifis Palembayan untuk segera melayangkan surat permohonan perbaikan jalan tersebut ke Kemendagri RI agar bisa ditindaklanjuti.

“Apabila surat tersebut sudah sampai di tangan saya, akan segera kami tindak lanjuti. Saya sangat mengapresiasi aktifis Palembayan yang sangat peduli kepentingan orang banyak di Palembayan,” ucap Mendagri saat berada di Kota Padang dalam kegiatan penganugerahaan gelar Doktor Honoris Causa (HC) di Universitas Negeri Padang (UNP) beberapa waktu yang lalu. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan