GPPKP Salurkan Donasi Berupa UJP Kepada Keluarga Pak Uyun

GPPKP Salurkan Donasi Berupa UJP Kepada Keluarga Pak Uyun
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Kondisi memprihatinkan yang dialami keluarga Pak Uyun (64) warga Jorong Kp. Melayu Kanagarian Sitalang Kecamatan Ampek Nagari, Sumatera Barat.Menyita perhatian dari pelbagai kalangan.

Beredar kabar melalui akun Facebook.com Mesrasukma Syahroel, yang diunggah pada (9/9/2018) sempat menjadi buah bibir pengguna media sosial (Medsos).

Lewat tulisan dan gambar Syahroel memberitahu bahwasanya ada satu keluarga warga Kanagarian Sitalang yang tinggal dirumah tidak layak huni seperti kandang sapi.

“VIRAL….MEMPRIHATINKAN…!!!
Masih adakah yg peduli…???
Satu keluarga di Nagari Sitalang Kec. IV Nagari, Kab. Agam Sumatera Barat tinggal dirumah yg tdk layak huni seperti “KANDANG SAPI”.
Semoga terketuk hati pemerintah daerah Sumbar dan wakil rakyat Sumbar untuk memberi bantuan,” Postingnya.

Foto unggahan daei akun facebook Mesrasukma Syahroel.

 

Membaca kabar itu (13/9/2018) Rusman Hakim, ketua umum dari organisasi Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) langsung mengonfirmasikan kepada Camat Ampek Nagari dan beberapa pihak terkait serta meninjau ke lokasi tentang kabar tersebut. Hal itu dibenarkan oleh oleh Riko sebagai kordinator lapangan GPPKP.

“Kita sudah melihat ke lokasi, ternyata memang benar ada satu keluarga warga Kanagarian Sitalang yang tinggal selama sepuluh tahun dirumah yang tidak layak huni atas nama Pak Uyun, pria usia 64 tahun memiliki satu istri (50), serta satu orang anak perempuan (10) yang tinggal bersama ditempat itu, dan 1 lagi anak laki-laki Pak Uyun yang berusia 20 tahun baru saja pergi merantau ke Pekan Baru,” Lapor Riko kepada ketua umum GPPKP.

 

Menanggapi laporan tersebut GPPKP mengambil langkah upaya melakukan penggalangan dana pada tanggal (14/9/2018) untuk membantu keluarga Pak Uyun sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama manusia.

Dalam kurun waktu tiga hari GPPKP dapat menghimpun donasi dari para Dermawan/Dermawati yang juga anggota GPPKP yang berada di perantauan dan di kampung halaman, dengan jumlah Rp.12.350.000,-

Pada esok harinya Selasa (18/9/2018) GPPKP kembali berkoordinasi dan bertemu Camat Ampek Nagari Roza Syafdefianti, serta perangkat kanagarian Sitalang untuk menyerahkan Bantuan kepada keluarga Pak Uyun.
Dari Informasi yang didapat untuk pembangunan rumah layak huni keluarga Pak Uyun sudah ada Dermawan yang menjamin dari Kepolisian resor (Polres) Kabupaten Agam untuk membangun rumah layak huni dibarengi dengan perlengkapan isi rumah, diatas tanah hibah dengan ukuran 9m x 15m dari Ibu Suriana (83) kepada anak perempuan Pak Uyun yang bernama Fitriani (10).

“Alhamdulillah, telah ada Dermawan yang akan membangunkan rumah layak huni dari pihak kepolisian, diatas tanah hibah, diperkirakan dalam waktu singkat pembangunan segera dimulai, menunggu rencana anggaran biaya (RAB) rampung, secepat mungkin Pak Uyun bisa menempati rumah barunya,” Kata Afzi Wali Jorong Kp. Melayu.

Dia juga menyebutkan “Sebelum itu ada juga bantuan yang diterima oleh Pak Uyun berupa uang tunai sekitar Rp.10.000.000,- dari para perantau,” Tambahnya.

Dari keterangan tersebut GPPKP berinisiatif memberikan bantuan dalam bentuk Usaha Jangka Panjang (UJP) membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga Pak Uyun.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Roza Syafdefianti Camat Ampek Nagari dan Wali Jorong Kp. Melayu yang telah menyabut baik kedatangan GPPKP untuk menyalurkan donasi berupa ternak 3 ekor kambing, 10 ekor Itik, 2 kandang ternak dan uang santunan, sebagai usaha jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Pak Uyun,” Terang Rusman Hakim ketua umum GPPKP.

GPPKP Serahkan 3 ekor kambing dan 10 ekor Itik serta 2 Kandang ternak kepada pak Uyun

 

Menanggapi hal ini Roza Syafdefianti selaku Camat Ampek Nagari mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada para Dermawan yang telah memberi perhatian terhadap keluarga Pak Uyun.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak Saya sampaikan untuk semua perhatiannya, kami berupaya meningkatkan koordinasi agar kedepan ketimpangan sosial yang ada di Kecamatan Ampek Nagari berkurang, untuk keluarga Pak Uyun kami juga sudah mengurus surat-surat, dan ada juga bantuan dari badan amil zakat (BAZ) sekitar Rp. 15.000.000,- yang masih dalam proses,” Ungkap Roza Syafdefianti.

Dihari yang sama Pak Uyun juga menerima santunan dari organisasi Sedekah Seribu Sehari (S3) berupa keperluan rumah tangga, dan lainnya.

Untuk sementara waktu menunggu rumah baru, Pak Uyun beserta keluarga menginap dirumah salah satu warga Kp. Melayu dan untuk aktifitas keseharian Pak Uyun kini menggembalakan ternak sebagai usaha barunya, dan juga mengumpulkan buah pinang yang berjatuhan tidak jauh dari kandang ternak yang tiga hari kedepan selesai dibuat.

[Red]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...