Gua Sungai Cuko, Butuh Sentuhan Dinas Pariwisata Dharmasraya

Gua Sungai Cuko, Butuh Sentuhan Dinas Pariwisata Dharmasraya
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com –  Rasa takjub akan muncul dipikiran pengunjung begitu masuk dan mengamati indahnya pemandangan alam di dalam Gua Sungai Cuko yang terletak di Jorong Lubuk Bulang Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Dharmasraya ini.

Gua di bawah kaki Bukit Barisan ini memang belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat Dharmasraya sendiri, padahal jaraknya cuma 5 KM dari kantor Bupati Dharmasraya.

Indahnya pemandangan alam, didalam maupun diluar gua, memang sungguh menakjubkan, jernihnya air yang mengalir serta hijaunya alam sekitar itu seharusnya sudah dikelola dengan baik sebagai salah satu objek Wisata di Kabupaten Dharmasraya.

Melihat kondisi kurang tanggapnya Dinas Parawisata Dharmasraya dalam mengemas potensi wisata yang masih terpendam itulah, sekumpulan anak muda pecinta alam yang tergabung dalam organisaai Anak Pecinta Alam Community ( APAC) Dharmasraya bersama Forum Jurnalist Dharmasraya ( FORJID ) berupaya menelusuri dan mengimformasikan keberadaaan potensi wisata yang ada, dengan harapan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Parawisata bisa mewujudkan sebuah lokasi wisata yang menarik bagi masyarakat Dharmasraya.

“Bapak lihat sendiri begitu indahnya pemandangan di lokasi Gua Sungai Cuko ini, tapi sampai saat ini belum satupun program kegiatan yang dilakukan Dinas Pariwisata Dharmasraya untuk mengangkat potensi wisata di Sungai Cuko ini,” ujar Roedy Candra, Ketua APAC saat menyusuri goa bersama anggota Forjid.

“Harapan kami Pak, agar Dharmasraya ini juga dikenal oleh masyarakat luar sebagai daerah wisata yang patut dikunjungi dan masyarakat Dharmasraya sendiri tidak perlu jauh-jauh lagi menghabiskan uangnya ke daerah lain,” imbuh ketua APAC ini.

 

Rasanya apa yang disampaikan Roedy Chandra tidaklah berlebihan, sepanjang penelusuran yang kami lakukan di lokasi Gua Sungai Cuko, lokasi ini memang punya daya tarik yang amat menakjubkan untuk sebuah objek wisata di Dharmasraya.

Keindahan alam disekitar gua maupun di dalam gua dengan jarak yang tidak begitu jauh dari Pusat Ibu Kota Kabupaten Dharmasraya, Gua Sungai Cuko apabila dikelolah dengan baik akan menjadi objek wisata favorit di Dharmasraya.

Menanggapi adanya potensi wisata yang masih terpendam ini, Juprial Ketua Forjid Dharmasraya sangat berharap kepada Pemda Dharmasraya khususnya Dinas Pariwisata Dharmasraya untuk segera merespon positif dan melakukan aksi nyata dalam mengelola objek wisata di Sungai Cuko.

“Semoga hasil penelusuran yang dilakukan oleh Anak Pecinta Alam Community Dharmarsraya bersama Forum Jurnalistik Dharmasraya, dalam menggali potensi wisata yang masih terpendam di Dharmasraya ini, nantinya menjadi masukan buat dinas terkait dan menjadikan potensi wisata itu menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, sehingga masyarkat Dharmasraya tak perlu jauh jauh lagi berwisata,” harapnya.

Direspon Bupati Dharmasraya

Selang satu hari usai penelusuran yang dilakukan oleh anggota APAC Dharmasraya dan anggota Forjid ke lokasi Gua Sungai Cuko, rupanya tak luput dari pantauan Bupati Sutan Riska.

Angggota Forjid yang turun ke lokasi Gua Sungai Cuko dipanggil oleh Sang Bupati ke rumah dinasnya dan minta penjelasan seputar Gua Sungai Cuko.

Setelah mendengar penjelasan, Bupati Sutan Riska berkeinginan untuk memastikan keelokan pesona Gua Sungai Cuko, Minggu depannya.
“Kita akan alokasikan anggaran di tahun 2018 nanti untuk membenahi lokasi Gua Sungai Cuko agar apa yang kita program dibidang parawisata berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan,” ujar Sang Bupati dihadapan rekan-rekan Forjid. [Rizal]
Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan