Hanya Tontonan, Ivent TdS Pasbar Anggarkan 2 Milyar

Hanya Tontonan, Ivent TdS Pasbar Anggarkan 2 Milyar
[istimewa]
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Kabupaten Pasaman Barat salah satu yang ikut dalam Ivent Tahunan Tour de Singkarak (TdS) diduga tidak memberikan asas manfaat bagi masyarakat. Pasalnya, dalam lintasannya tidak ada destinasi wisata yang dipromosikan.

“Tidak ada destinasi wisata yang dilalui untuk ivent TdS tahun ini. Coba kita lihat mulai dari Padang Sawah sampai ke Simpang Empat,” kata Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Edri Syahrinal, Jumat (17/11/2017) melalui telepon genggamnya.

Dijelaskannya, anggaran APBD Tahun 2017 untuk pelaksanaan TdS di Dinas Pariwisata sebesar Rp. 758.665.500. “Uang sebanyak itu hanya untuk melintas, yang diduga tidak ada memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Seharusnya kata Edri, uang itu lebih bagus dibangunkan ke sarana dan prasarana destinasi wisata yang ada di Pasaman Barat. Dari pada untuk ivent TdS seperti yang akan dilaksanakan itu.

“Destinasi wisata kita yang ada di Pasaman Barat ini seharusnya yang jadi prioritas. Karena, jelas meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya,” kata Edri juga.

Dari rinciannya kata Edri, dari Rp. 758.665.500 itu, digunakan untuk kontribusi Rp. 235.000.000 dan sisanya untuk operasional, termasuk makan atlit dan sebagainya.

“Kita berharap, agar setiap membuat kegiatan itu mempunyai manfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat Pasaman Barat,” ulasnya.

Selain itu dikatakannya, Kalau tidak salah total keseluruhan dari gabuang instansi terkaitnya lebih kurang Rp. 2.000.000.000.

“Baik itu di Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas PU, Dinas Koperindag dan Dinas Keaehatan serta OPD terkait lainnya,” tutupnya.

Disamping itu, ketua LSM LP3DRI Pasaman Barat, Burhan Sikumbang, menilai lebih bagus anggaran yang hampir Rp. 2.000.000.000 itu di manfaatkan untuk peningkatan dan pembangunan destinasi wisata yang ada di Pasaman Barat dibandingkan hanya digunakan sebagai tontonan saja.

“Kalau hanya sebagai tontonan lebih bagus dibangunkan ke destinasi wisata yang ada di Pasaman Barat,” tegasnya.

Setelah dikonfirmasi Kepala Dinas Pariwisata, Armen, mengatakan secara langsung memang untuk peningkatan perekonomian masyarakat tidak nampak. Namun, ivent ini bisa sebagai tontonan warga.

“Kita akan arahkan tim atlet itu untuk mengunjungi destinasi wisata kita yang ada di Sasak dan Lubuk landur seusai finish,” jelasnya. [Bis]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan