Harga Cabai Merah Berangsur Turun Di Pasaran Pasaman Barat

Harga Cabai Merah Berangsur Turun Di Pasaran Pasaman Barat
Poto : ilustrasi istimewa
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dari kemaren, Jumat (10/11/2017) harga cabai merah di pasar tradisional Simpang Empat, Pasaman Barat berangsur turun. Diduga, akibat cuaca mulai membaik dari sebelumnya.

Seperti dikatakan salah seorang pedagang cabai, Ermina (43), Sabtu (11/11/2017) mengatakan, harga cabai ini memang semusim ini mengalami turun naik. Ini disebabkan oleh faktor cuaca yang ekstrim hujan.

“Petani cabai itu, tidak berani memanen cabainya apabila musim hujan, karena bisa mengakibatkan kebusukan pada buah. Tentu, terpaksa petani tersebut panen disaat tidak hujan, itupun sudah banyak yang busuk,” jelasnya.

Akibat itulah, harga itu turun naik, seperti tiga hari belakangan ini harga cabai merah mencapai Rp. 60.000/Kilogram. Sejak kemaren, harga mulai turun dingka Rp. 48.000/Kilogram.

“Kita berharap, harga ini terus turun demi kesejahteraan masyarakat. Karena, dengan harga tinggi pembeli berpikir dan lebih hemat mereka. Akhirnya, pendapatan kami pedagang ini menjadi kecil, karena jual beli rendah,” harapnya.

Salah seorang agen cabai, Feri, saat ditanya di Simpang Empat mengatakan petani cabe itu sekarang sering telat panen, dikarenakan cuaca ekstrim hujan. Tentu, petani menaikkan harga.

“Kita selaku agen, tidak bisa tawar menawar lagi. Berapapun ada cabe kita beli, tidak ada tawar harga. Karena, cabe itu tidak banyak seperti biasanya. Disitulah kenaikan harga itu,” jelasnya.

Terpisah, pernah dikatakan Kepala Dinas Koperindag Pasaman Barat, Ali Zamar, melalui Kabid Perdagangan Budi Aulia, mengatakan selalu melakukan monitoring ke pasar-pasar yang ada di Pasaman Barat. Tujuannya, agar tidak ada permainan harga di pasaran.

“Kalau dilihat belakangan ini, memang harga cabai naik tapi masih diangka Rp. 50.000 dan Rp. 60.000/Kg. Itu memang disebabkan oleh faktor cuaca. Namun, sekarang sudah mulai turun diangka Rp. 40.000 sampai Rp. 50.000/Kg,” terangnya. [Bis]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan