Hj. Emma Yohanna Dorong Produk Pengrajin Punya Merek Paten

Hj. Emma Yohanna Dorong Produk Pengrajin Punya Merek Paten
Hj Emma Yohanna didampingi oleh pengrajin Rumah Batok Batik, Andi Setiaji (37) dan Camat Sasak Ranah Pesisir Nur Fauziah Zein melihat hasil kerajinan yang ada di kawasan Pasaman Barat, Sumbar. (IST)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Hj. Emma Yohanna mendorong agar produk-produk hasil kerajinan masyarakat terdaftar dan memilki merk paten agar tidak mudah ditiru oleh pihak lain sehingga tidak merugikan pengrajin.

“Selain itu para perajin memerlukan dukungan dari pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) membantu pengrajin membeli alat, rancangan dan memantau selera pasar,” ujar Emma Yohanna saat mengunjungi hasil produk pengrajin di Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Senin (8/1/2018)

Senator perempuan satu-satunya dari Sumbar tersebut juga berjanji akan membantu pengrajin dalam memasarkan produk dan membantu pengadaan alat yang dibutuhkan oleh pengrajin.

Dalam kesempatan itu, pengajin Rumah Batok Batik, Andi Setiaji (37) mengatakan bahwa ia sangat membutuhkan alat untuk memperbanyak produknya. Karena selama ini produk yang dihasilkan dikerjakan secara manual sehingga hasilnyapun kurang standar.

“Saya membutuhkan mesin diesel, alat pemotong, alat bubut serta akses untuk pemasaran produk. Sebab selama ini pemasanan hanya melalui mulut ke mulut,” ujar Andi.

Ia mengaku sudah memulai usahanya selama tiga tahun di Pasaman Barat. Produk yang dihasilkan berupa bingkai foto, asbak, figura, lampu tidur, gitar yang terbuat dari Batok Kelapa.

Rumah Batok Batik sudah meraih dua penghargaan dari pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, yakni juara satu lomba produk kreatif dari Dinas Pariwisata dan juara dua dalam pameran acara HUT Pasaman Barat ke-14.

Tidak ketinggalan, Camat Sasak Ranah Pesisir, Nufauziah Zein mengatakan bahwa pihaknya akan membantu legalitas produk pengrajin.

“Selain mengurus legalitas, kami juga selalu mempromosikan hasil produk pengrajin, baik di Pasaman Barat maupun ke Jakarta,” ungkapnya [Red]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...