Hj. Emma Yohanna Kunjungi Pedagang Korban Kebakaran Pasar Atas Bukittinggi

Hj. Emma Yohanna Kunjungi Pedagang Korban Kebakaran Pasar Atas Bukittinggi
Senator asal Sumatera Barat, Hj Emma Yohanna beserta rombongan meninjau secara langsung Pasar Atas, Bukittinggi yang terbakar beberapa waktu yang lalu. (IST)
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Peduli akan musibah yang menghanguskan Pasar Atas Bukittinggi, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Barat, Hj. Emma Yohanna mengunjungi korban kebakaran dan posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, Kamis (2/11/2017). Dalam kesempatan itu, Emma Yohanna juga menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran sebesar Rp10 juta rupiah yang diserahkan kepada BPBD Bukittinggi.

Pada kesempatan itu Emma Yohanna berdialog dengan para korban kebakaran terutama para pengrajin dan pedagang songket serta  bordiran. Senator asal Sumatera Barat itu meminta semua pihak secara bersama-sama membantu sehingga pedagang kembali bisa berusaha secara normal, karena kebakaran sudah mematikan perekonomian masyarakat para pedagang Pasar Atas Bukittinggi.

“Saya turut prihatin dengan musibah yang menimpa pada pedagang pasar. Saya meminta pemerintah menyediakan lokasi sementara yang bisa digunakan untuk kembali berdagang,” kata Emma yang juga ketua IWAPI Sumbar itu.

Emma juga menyarankan pemerintah Kota Bukitinggi bekerja keras agar musibah kebakaran tidak mengurangi kunjungan wiasatawan yang datang ke Kota Bukittinggi, karena itu akan memperparah keadaan yang berdampak kepada penurunan ekonomi masyarakat.

Salah seorang tokoh masyarakat Kota Bukittinggi, Yulius Rustam mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi telah merugikan ekonomi masyarakat Kota Bukittinggi sehingga dibutuhkan penanganan yang serius dari  semua pihak mengembalikan kondisi ekonomi para pedagang Pasar Atas kembali normal. Menurutnya, barang dagangan milik pedagang banyak yang habis terbakar yang membuat para pedagang merasa terpukul dengan musibah tersebut

“Kami sangat berterima atas semua bantuan yang diberikan kepada pedagang, kami berharap agar ekonomi para pedagang bisa kembali bangkit lagi dan pemerintah beserta DPD RI dapat memberikan solusi,” pinta Yulius.

Sementara BPBD Bukitiitngi sedari awal sudah bergerak cepat pasca kebakaran yang menimpa Pasar Atas Bukittinggi, Senin 30 Oktober 2017 lalu. BPPD sudah melakukan melakukan beberapa langkah agar korban kebakaran dapat terfasilitasi, misalnya dengan mendirikan posko sebagai media informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan data korban dan barang yang terbakar serta rencana relokasi pedagang. Kemudian sudah melakukan back up personal petugas seperti advokasi barang-barang yang sudah tertinggal dan tidak dapat diselamatkan.

“Kami juga menerima pengaduan masyarakat korban kebakaran. Intinya kami melakukan fasilitasi korban  kebakaran agar terbantu sampai ke tahap relokasi pedagang yang direncanakan di jalan perintis kemerdekaan Bukitinggi,” ujar Reynaldo, salah seorang petugas BPBD Bukitinggi di lokasi bekas kebakaran. [Red]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...