HMI : Aparat Bersikap Represif Terhadap Peserta Aksi Demo 4 November | Redaksi Sumbar
banner 750x100

HMI : Aparat Bersikap Represif Terhadap Peserta Aksi Demo 4 November

HMI : Aparat Bersikap Represif Terhadap Peserta Aksi Demo 4 November
Bagikan:

SUMBAR – Dalam penangkapan Sekjen PB HMI, Tommi F Habibi menuturkan bahwa HMI Sumbar dalam hal ini telah membuat pernyataan. Dalam pernyataan tersebut, HMI Sumbar menyatakan tujuh hal yang diyakini melenceng dari sistem pemerintahan saat ini.

“Hal pertama yang dinyatakan oleh HMI Sumbar adalah bahwa aksi damai 4 November merupakan tindakan yang jelas dilindungi oleh undang-undang. Hal kedua dalam pernyataan tersebut adalah menyesalkan pernyataan presiden Jokowi yang menyatakan adanya aktor politik yang menunggangi aksi 4 November tersebut,” ulasnya.

Dijelaskahnya, aksi 4 November telah dilindungi oleh undang-undang yaitu masuk dalam pasal 28e ayat dua yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai hati nurani. Selain itu, Aksi 4 November adalah gerakan murni agar penegakan hukum terhadap kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Lebih lanjut Tommi F Habibi mengungkapkan, hal ketiga pernyatan adalah menyayangkan aparat kepolisian yang bersikap represif terhadap peserta aksi pada demo 4 November. Ia menyayangkan sikap pimpinan Polda Metro Jaya yang mengeluarkan pernyataan provokatif dan tendensius sehingga merugikan nama baik HMI.

“Hal keempat yang dinyatakan adalah mengecam penangkapan Sekjen PB HMI dan beberapa kader HMI yang dilakukan secara paksa oleh pihak kepolisian. Hal kelima adalah penangkapan Sekjen PB HMI dan beberapa kader HMI merupakan bentuk pembungkaman demokrasi yang tidak sesuai dengan undang-undang dasar,” tuturnya.

Selanjutnya, hal keenam dalam pernyataannya adalah menuntut penyelesaian proses hukum secara tegas dan transparan serta menolak segala bentuk pengalihan isu terhadap penistaan agama oleh Basuki Tjahaya Purnama.

“Terakhir, dalam pernyataan tersebut adalah mengajak seluruh kader HMI se- Sumatera Barat dan umat Islam untuk tenang dan tidak terprovokasi dengan isu yang tidak bertanggung jawab,” tutup Tommi F Habibi. (Nda)

Bagikan:
Baca Juga :  Pelaku Penyerangan Siswa SMK N 5 Padang Diringkus Polisi
Tags: , , ,

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan