Hujan ‘Sambut’ Jokowi di Tanah Datar

Hujan ‘Sambut’ Jokowi di Tanah Datar
Bagikan:

TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Sepulangnya dari Solok, Presiden RI Jokow Widodo bertemu dengan masyarakat yang berada di Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Hujan deras menyambut kedatangan orang nomor satu ke Tanah Datar. Disana, Presiden melakukan peninjauan saluran irigasi yang dibuat oleh kelompok tani setempat.

Wali Nagari Lima Kaum, Gusrial mengaku masyarakat khususnya petani mendapatkan anugerah dengan kedatangan Jokowi ke Tanah Datar.

“Kunjungan Presiden kesini adalah melihat irigasi yang dibangun oleh kelompok tani dari program Desa Padat Karya,” ujarnya.

Pantauan di lokasi kunjungan Jokowi, masyarakat rela kehujanan hanya untuk mengabadikan kedatangan sang pemimpin.

Sembari mengenakan kemeja putih dan payung hitam, Jokowi menyapa sejumlah masyarakat yang sudah dari pagi menunggu kedatangannnya.

Proyek yang ditinjau Jokowi adalah pembangunan irigasi persawahan, merupakan implementasi dari program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) melalui kegiatan Padat Karya di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Untuk Kabupaten Tanah Datar, terdapat dua lokasi jaringan irigasi.

Adalah program Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) Kubu Pilihan dan Sinibuang. Jumlah pekerja di kedua lokasi irigasi ini melibatkan 150 orang pekerja.

P3-TGAI adalah bagian dari program infrastruktur berbasis masyarakat yang diluncurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dari petani pemakai air dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi di areal persawahan.

Untuk Sumatera Barat, Kementerian PUPR menganggarkan Rp17 miliar untuk 98 lokasi jaringan irigasi di Kabupaten Agam, Dharmasraya, Limapuluh Kota, Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupayen Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Tanah Datar. [REY]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...