HUT Damkar di Bukittinggi Diperingati dengan Kegiatan Simulasi | Redaksi Sumbar

HUT Damkar di Bukittinggi Diperingati dengan Kegiatan Simulasi

HUT Damkar di Bukittinggi Diperingati dengan Kegiatan Simulasi Dibaca : 257 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Memperingati HUT Pemadam Kebakaran yang jatuh pada tanggal 1 Maret setiap tahunnya, di Kota Bukittinggi diperingati dengan aksi simulasi kebakaran.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Selasa (7/3/2017) mengatakan sosok petugas pemadam kebakaran hadir memberikan pelayanan kebakaran kepada masyarakat, merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal Panca Dharma, yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun dengan motto “Pantang Pulang sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya.”

“Kita mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan dan bahkan khusus untuk kebakaran hutan dan lahan gambut. Karena dapat berdampak terhadap kesehatan dan transportasi serta terganggunya aktivitas ekonomi berskala regional dan internasional,” katanya.

Ramlan Nurmatias mengharapkan kebakaran di Bukittinggi dapat lebih diantisipasi. Untuk itu, dibutuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga diri, keluarga dan tempat tinggal dari ancaman kebakaran. Selalu siaga mematikan listrik dan kompor saat keluar rumah.

“Lurah dan Camat pun diharapkan dapat lebih mensosialisasikan pencegahan, bahaya dan penanganan kebakaran bekerja sama dengan Damkar. Sediakan nomor telepon Damkar, Polisi dan Badan Penanggulangan Bencana yang pasti di pos-pos ronda dan kantor pemuda. Sehingga jika masyarakat punya informasi dapat menghubungi dan kejadian tertangani dengan baik. Termasuk menyediakan racun api di kantor-kantor dan bengkel-bengkel serta cara penggunaannya,” sambungnya.

Kepada petugas Ramlan berharap agar siap siaga 24 jam. Jangan sampai terlambat, cepat tanggap, siaga dan tidak simpang siur dalam memberikan informasi. Jaga selalu kesehatan. Peralatan harus siap siaga, mobil standby dengan air dan usahakan telah mengetahui jalur yang memudahkan mobil kebakaran masuk lokasi. Perkuat kerjasama dengan Damkar dari daerah tetangga seperti Padang Panjang, Tanah datar, Payakumbuh.

Baca Juga :  Jumat Syariah di Bukittinggi dan Razia Pelajar Akan Terus di Giatkan

Selanjutnya, peringatan HUT damkar di lakukan dengan demonstrasi penanggulangan kebakaran akibat tabung gas oleh petugas Damkar Kota Bukittinggi. Jika masyarakat menemukan bau gas di dalam rumah segera buka pintu dan jendela lebar-lebar dan lepaskan regulator pada tabung gas, jangan dulu hidupkan api, sehingga kebakaran dapat teratasi. [DKP] 

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close