IDI Diukur Dari Implementasi 3 Aspek Demokrasi

IDI Diukur Dari Implementasi 3 Aspek Demokrasi
Ilustrasi. (Istimewa)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Kepala BPS Perwakilan Sumbar Sukardi mengingatkan, penilaian indeks demokrasi tidak secara khusus menyasar pada kinerja Pemerintah Provinsi saja. Namun, seluruh poin-poin penilaian juga mencakup perilaku masyarakatnya dalam berdemokrasi. Indeks demokrasi diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan tiga aspek demokrasi, yakni kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga-lembaga demokrasi.

“Indeks demokrasi ini bukan hanya berdasarkan kinerja pemerintah, namun juga kinerja masyarakat. Seperti aksi mogok. Mogok, demo, terus kalau ada kekerasan, itu kan peran masyarakat. Jadi penilaian ini menyasar pemerintah dan masyarakat,” ujar Sukardi di Kantor BPS Sumbar, Kamis 12 April 2018.

Sukardi menambahkan, penilaian indeks demokrasi menggunakan 4 sumber data, yakni kajian dari surat kabar lokal yang memiliki oplah terbesar (Sumatra Barat menggunakan Harian Singgalang), kajian terhadap dokumen kebijakan Pemprov termasuk Perda dan Pergub, diskusi dengan ahli, pejabat, dan akademisi, serta wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait.

Berita terkait : Demokrasi Sering Bertentangan Dengan Kearifan Lokal

Di Sumatera Barat, lanjut Sukardi, perhitungan indeks demokrasi juga memperhatikan 11 variabel dan 28 indikator. Beberapa pertimbangan penilaian yang dipakai adalah kebebasan berpendapatan, kebebasan berkeyakinan, hak memilih dan dipilih, peran DPRD, peran partai politik, dan peran birokrasi pemerintah.

Sumatra Barat tergolong daerah yang memiliki indeks demokrasi fluktuatif. Pada 2009 lalu, indeks demokrasi Sumbar pernah bertengger di rentang ‘sedang’. Kemudian pada 2013, skor Sumbar menurun ke kategori buruk dengan nilai 54,11. Meski sempat naik di tahun 2015 dengan skor 67,46 dan kembali masuk ke kategori ‘sedang’, tahun 2016 nilai Sumbar kembali anjlok ke 54,41 dan memaksa Sumbar masuk ke kategori ‘buruk’.

“Turunnya IDI ini akibat ketiga aspek yang membentuk mengalami penurunan semua,” kata Sukardi. [Red]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...