IMAPAR Kota Padang, Sikapi Wacana Pemekaran Kabupaten Padang Pariaman

IMAPAR Kota Padang, Sikapi Wacana Pemekaran Kabupaten Padang Pariaman
Alumni IMAPAR Kota Padang, Aldi Putra (kiri) dan Mantan anggota DPRD Padang Pariaman, Yohanes Wempi.
Bagikan:

PADANG PARIAMAN, RedaksiSumbar.com
Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (IMAPAR) Kota Padang, menyambut baik wacana pemekaran Kabupaten Padang Pariaman disisi Selatan dan Utara. Walaupun, wacana pemekaran ini sebenarnya bukan hal yang baru lagi.

Seperti dalam diskusi terbatas IMAPAR dan Alumni IMAPAR di sebuah Cafe di Kota Padang, belum lama ini. Bahwa IMAPAR inginnya, wacana ini jangan hanya jadi wacana saja, tapi harus terjadi.

“Wacana pemekaran Kabupaten Padang Pariaman harus jadi, jangan hanya wacana saja. Karena, gunanya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata salah seorang alumni IMAPAR Kota Padang, Aldi Putra, saat diskusi itu, Senin (14/8/2017).

Disebutkan Aldi Putra, bahwa IMAPAR dulu sudah pernah melahirkan Kota Pariaman dari pemekaran Padang Pariaman pada eranya. Jadi, hari ini IMAPAR akan menyuarakan dan memperjuangkan Pemekaran Kabupaten Padang Pariaman menjadi kenyataan.

“Kabupaten Padang Pariaman harus dimekarkan disisi Utara dan Selatan demi kemakmuran masyarakat,” tegas Aldi Putra, yang juga Wakil Sekretaris KNPI Sumatera Barat tersebut.

Dari hasil diskusi tersebut, Alumni IMAPAR, Aldi Putra, bersama alumninya kembali menegaskan bahwa akan segera menindak lanjutinya. “Dalam waktu dekat ini, IMAPAR dan alumni akan segera menggelar diskusi ilmiah di Kabupaten Padang Pariaman,” terang Aldi Putra, yang juga Mantan Ketua Imapar Kota Padang.

Disamping itu, mantan anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman periode 2009/2014, Yohanes Wempi, juga menyampaikan saat diskusi itu bahwa, pemekaran Kabupaten Padang Pariaman itu sebenarnya sudah dari bulan November tahun 2010 lalu disuarakan.

“Terkait wacana pemekaran ini, sudah pernah juga ditulis disalah satu koran lokal Sumatera Barat berbentuk opini. Adapun judul opininya ialah “Menuju Kemakmuran Mekarkan Padang Pariaman”,” sebut Yohanes Wempi.

Dari opini itu, dijelaskan bahwa ada beberapa efek positif jika pemekaran itu terjadi. Seperti, pemerataan pembangunan bisa dilakukan antara wilayah Utara dan Selatan sehingga efisiensi dari segi anggaran bisa dilakukan.

“Selain pemerataan pembangunan, juga peningkatan pelayanan publik akan terfasilitasi secara adil. Sehingga kabupaten baru wilayah Utara dan Selatan bisa memaksimalkan pelayanan tidak seperti sekarang ini, dimana pelayanan antara Selatan dan Utara terlihat tidak adil,” ungkap Yohanes Wempi.

Dengan adanya pemekaran Kabupaten Padang pariaman nantinya, bisa terhindar dari kebangkrutan daerah. “Demi menghidari kebangkrutan daerah, maka selayaknya Kabupaten Padang Pariaman mekar,” tegas Yohanes Wempi.

Secara terpisah, anggota DPD RI, Leonardy Harmaini, juga pernah menanggapi wacana pemekaran tersebut. “Jika memenuhi peraturan perundang-undangan, maka pemekaran ini bisa saja terjadi. Kita pun akan bersibergi, agar Kabupaten Padang Pariaman bisa dimekarkan,” pungkas Mantan Ketua DPRD Provinsi.Sumaera Barat Tersebut. [Roby/Red]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan