Inspiratif, Ini Dia Tiga Pemuda Pelopor Asal Limapuluh Kota yang akan Bersaing di Tingkat Sumbar | Redaksi Sumbar

Inspiratif, Ini Dia Tiga Pemuda Pelopor Asal Limapuluh Kota yang akan Bersaing di Tingkat Sumbar

Inspiratif, Ini Dia Tiga Pemuda Pelopor Asal Limapuluh Kota yang akan Bersaing di Tingkat Sumbar
Tim Penilai Dispora Limapuluh Kota mengunjungi destinasi wisata Ikan Larangan Lubukbalung dan Air Terjun Sarasah Madu di Jorong Buluhkasok, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau akhir Maret lalu, (24/3/2017).
Dibaca : 321 Kali
Bagikan:

SARILAMAK, RedaksiSumbar.com – Belum lama diumumkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar untuk menggelar seleksi Pemuda Pelopor 2017 tingkat kabupaten dan kota, sejumlah daerah mulai bergerak cepat. Seleksi mulai dari tingkat nagari hingga kecamatan digelar. Sejumlah nama dengan bidang kepeloporan yang dilakoni masing-masingnya mulai mengerucut.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Limapuluh Kota berhasil menjaring tiga nama yang akan mewakili daerah itu dalam ajang seleksi pemuda pelopor tahun 2017. Antusiasme yang cukup besar mendorong lahirnya berbagai inovasi dan kreasi. Hal itu ditunjukkan sederet pemuda berdasarkan klasifikasi dan karyanya masing-masing.

Tiga nama yang bakal mewakili Limapuluh Kota tahun ini yakni; Oktaviandi Warga Nagari Sariklaweh, Kecamatan Akabiluru sebagai pemuda pelopor bidang pangan inovasi dan teknologi, lalu Randi Syukri, Warga Nagari Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuh V Nagari sebagai pemuda pelopor bidang sosial budaya, serta Nike Harmila warga Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau sebagai pemuda pelopor bidang pariwisata.

“Ketiganya sudah melalui berbagai penjaringan tingkat kecamatan. Secara resmi memang belum diumumkan. Tinggal menunggu pengumpulan berkas-berkas administrasi selesai,” ujar Kepala Seksi Pengembangan Organisasi Kepemudaan, Disparpora Limapuluh Kota, Savidar, Minggu (9/4/2017)

Savidar optimistis, pihaknya bakal kembali menjadi pemenang dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat Sumbar tahun ini. Pasalnya, berkaca dari pengalaman, jajarannya selalu lebih unggul dalam ketepatan dan persiapan yang matang.

“Kami sudah persiapkan ini jauh-jauh hari sebelum pengumuman dilaunching Dispora Sumbar. Tiap tahun kami juga terus berbenah memperbaiki kekurangan yang ada,” sebutnya.

Savidar menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Limapuluh Kota selalu menempatkan wakilnya di tingkat provinsi mengalahkan sejumlah nama dari kabupaten dan kota lainnya. Kendati demikian, ibu muda yang akrab disapa Evi ini mengaku kelengkapan administrasi menjadi fokus utamanya.

Baca Juga :  GAPKI Sumbar : Perusahaan Wajib Sertifikasi ISPO

“Di provinsi kami sering menang, namun untuk lolos ke nasional, kami terkendala dalam hal pemberkasan. Tahun ini kami tidak ingin hal itu terulang,” tegasnya.

Evi menyebut, pemilihan tiga pemuda yang akan mewakili Limapuluh Kota itu telah melalui seleksi ketat dari berbagai kandidat.

“Ketiganya telah melalui tes wawancara, presentasi di hadapan juri dan sudah kami telusuri bukti karyanya ke lapangan,” beber dia.

Diketahui, Dispora Sumbar memberi tenggat waktu seleksi tingkat kabupaten dan kota hingga 24 Mei mendatang. Utusan masing-masing kabupaten akan kembali diuji dengan serangkaian tes berupa seleksi administrasi, presentasi makalah, wawancara dan kunjungan ke lapangan. Pemuda pelopor yang terpilih tahun 2017, akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close