Inspirator Media Jadi Google Doodle Hari Ini

Inspirator Media Jadi Google Doodle Hari Ini
George Peabody dalam Google Doodle. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Berbicara soal George Peabody, sosok yang kedermawanannya dirayakan Google hari ini, berarti berbicara pula soal Peabody Award.

The George Foster Peabody Awards atau biasa disebut Peabody Award adalah program yang terinspirasi George Peabody, pebisnis dan filantropis Amerika Serikat.

Peabody Award memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran seperti TV, radio, dan media daring atas upayanya menyampaikan kisah kuat yang inspiratif, mencerahkan, dan menyegarkan.

Jenis penghargaan dalam Peabody Award dibagi ke dalam tujuh kategori yaitu berita, hiburan, dokumenter, program anak, pendidikan, program interaktif, dan layanan public.

Pemenang Peabody Award biasanya adalah stasiun TV, media daring, organisasi produksi penyiaran, maupun individu dari seluruh dunia.

Peabody Awards diselenggarakan pertama kali tahun 1940, atau 71 tahun setelah kematian George Peabody. Kala itu, penghargaan tersebut diberikan untuk peran positif di bidang penyiaran radio.

Para ahli menyatakan, Peabody Awards merupakan penghargaan tahunan paling tua dan prestisius di bidang media elektronik di Amerika Serikat. Posisinya kerap dianggap setara dengan Alfred I. duPont–Columbia University Award yang juga bergerak di bidang yang sama.

Ketatnya persaingan utnuk memenangi Peabody Awards bahkan dibanding-bandingkan dengan penghargaan Pulitzer.

Setiap tahun, juri mengumumkan nama-nama pemenang Peabody Award secara sederhana lewat siaran pers. Namun, dalam tahun-tahun belakangan ini, stasiun TV menayangkan acara tersebut, bahkan selama berhari-hari.

Hari ini, saat Google merayakan keramahan George Peabody, pemenang Peabody Award tahun 2017 belum diumumkan. Sementara beberapa program tahun 2016 yang memenangi penghargaan ini adalah:

1. The New York Times berkat film dokumenter berjudul 4,1 Miles
2. Banger Films lewat film dokumenter berjudul Hip-Hop Evolution yang ditayangkan di Netflix dan HBO
3. HBO Entertainment berkat serial TV komedi satirnya Veep
4. BBC One dan Netflix lewat drama TV berjudul Happy Valley
5. CNN berkat laporannya berjudul ISIS in Iraq and Syria, Undercover in Syria, dan Battle for Mosul
6. ProPublica dan The Texas Tribune berkat laporannya bertajuk Hell and High Water yang meneliti kerawanan dan bahaya banjir di Houston, Texas.

George Peabody, yang namanya diabadikan untuk penghargaan ini, adalah sosok pengusaha terkenal Amerika Serikat dari dua abad lalu. Lahir 27 Juli 1852, pada usia 15 tahun, dia sudah menyumbangkan uang senilai 2 juta dolar atau setara dengan 36 juta dolar jika merujuk pada inflasi saat ini.

Sebagai aktivis sosial, dia aktif dalam berbagai gerakan antiperang dan pendidikan terutama untuk orang-orang African-American. [Red]

Sumber : Pikiran Rakyat




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...