Irfendi Arbi : Perpustakaan Disekolah Harus Bisa Menyediakan Informasi Yang Dibutuhkan Siswa Dan Guru.

Irfendi Arbi : Perpustakaan Disekolah Harus Bisa Menyediakan Informasi Yang Dibutuhkan Siswa Dan Guru.
Bagikan:

LIMAPULUH KOTA, RedaksiSumbar.com – Dengan membaca, seseorang akan mendapatkan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang akan berguna dalam kehidupannya, Begitu juga, dengan semakin banyak membaca, tentu akan semakin banyak pula kosa kata yang akan didapatkan, Hal ini jelas akan membuat seseorang menjadi lebih pandai bicara dan meningkatkan kemampuan menulisnya.

Bupati Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP mengajak kalangan murid membudayakan membaca. Sebab, membaca akan menambah wawasan, ilmu pengetahuan, memperbanyak kosa kata, meningkatkan daya ingat, membangun pemikiran kritis dan analitis, serta meningkatkan kemampuan menulis.

“Ayo kita budayakan membaca. Orang yang suka membaca akan lebih pintar, cenderung lebih kritis dan memiliki kemampuan menulis,” ujar Irfendi di hadapan murid dan guru SDN 01 Batu Payung Kecamatan Lareh Sago Halaban, baru-baru ini.

Irfendi Arbi juga menambahkan, menurutnya dengan memiliki kesenangan dalam membaca akan besar pengaruhnya dari cara orang tersebut berbicara dan menulis, serta akan mempengaruhi kualitas orang itu.

“Orang yang suka membaca, akan lebih fasih berbicara dan pintar menulis, besar atau kecilnya minat baca akan sangat berpengaruh pada kualitas wawasan dan pengetahuan seseorang, Karenanya, budaya membaca itu harus kita tanamkan pada anak sejak dini.” tambah Irfendi.

Agar mempunyai kebiasaan membaca, kata Irfendi, setiap sekolah diharapkan memiliki pustaka yang berisikan buku-buku yang benar-benar menarik bagi siswa. Lebih pentingnya lagi, jangan sampai pustaka itu hanya menjadi tempat menyimpan buku.

Sebaliknya, pustaka itu harus bisa membantu proses belajar dan mengajar di sekolah, menanamkan dan memupupuk kebiasaaan membaca, mengembanngkan percakapan dan daya pikir anak. Intinya, perpustakaan itu mesti bisa menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa dan guru.

“Kita ingin perpustakaan sekolah itu tidak hanya sebatas tempat menyimpan buku, tapi bentul-betul menjadi tempat membaca, buat memperkaya ilmu pengetahuan yang mendukung pendidikan dan mengoptimalkan potensi murid. ” ujar irfendi. [Arief Wisa]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan