Iron Maria Edi : Membangun Satlinmas Berbasiskan Suku/Kaum di Nagari Salareh Aia

Iron Maria Edi : Membangun Satlinmas Berbasiskan Suku/Kaum di Nagari Salareh Aia
Bagikan:




Agam, Redaksisumbar.com – Keterpaduan struktur Adaik Salingka Nagari dengan pelapisan sosial baparuik, bakaum, basuku, baluak jo balanggam di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, merupakan potensi yang menjadi warisan para pendahulu di Nagari ini.

Tata aturan yang disandarkan pada pola badunsanak menjadi ajeg dan tak lakang dek paneh, ndak lapuak dek hujan. Struktur kepemimpinan kaum yang dalam lambang agam Tali Tigo Sapilin menjadi basis pengelolaan pemerintahan adat yang diwariskan terus sesuai dengan ciri dan keunikannya pada pola genealogis matrilineal.
Keorganisasian tradisional ini perlu di upgrade kembali supaya mampu membawa azas keberlanjutan dalam mewujudkan kehidupan yang baik, ditanam tumbuah dilambuak gadang.

Dengan pola kehadiran struktur pemerintahan formal maka menjadi jalan untuk diintegrasikan dengan baik.
Petugas Satlinmas yang berasal dari kaum atau pasukuan menjadi fasilitator, mediator, atau kader pemberdayaan penyelesaian masalah – masalah adat ataupun perkara ringan yang bisa di jalankan, disamping itu satlinmas ini juga diharapkan menjadi garda terdepan kusuik manyalasai, karuah manjaniahan di tingkat kaum/ suku.
Minimal pada awal peristiwa satlinmas mampu menghadirkan upaya – upaya penyelesaian masalah tersebut secara berjenjang sampai pada tingkat kaum, suku, luak, langgam terus Nagari sebelum masuk pada proses hukum atau stakeholders sesuai peristiwa yang terjadi.

Mudah – mudahan ini menjadi mampu ditanam tumbuah dilambuak gadang di Nagari Salareh Aia tacinto. Perna, SOP, perangkat keras dan lunak akan dibangun bersama sesuai dengan konsep yang membumi pada struktur Adaik Salingka Nagari.

Dengan potensi suku/kaum yang memiliki ikatan teritorial dan ikatan kekerabatan genealogis matrilineal, perlu dirujuk kembali sebagai basis pengembangan kegiatan dan program pemerintahan dengan sinergi fungsi – fungsi pemerintahan pada tingkat pedesaan di Sumatera Barat. (Opini)




Bagikan:
Topik: ,
Loading...