Jalur Lubuk Basung – Maninjau Via Sungai Landia Putus | Redaksi Sumbar

Jalur Lubuk Basung – Maninjau Via Sungai Landia Putus

Jalur Lubuk Basung – Maninjau Via Sungai Landia Putus Dibaca : 433 Kali
Bagikan:




Agam, RedaksiSumbar.com–Jalan Raya Bukittinggi-Maninjau via Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam putus total akibat longsor yang terjadi Kamis (5/1) pagi. Material longsor menutupi badan jalan sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Sementara itu bagi pengendara yang ingin menuju Maninjau atau Lubuk Basung dialihkan ke jalan alternatif melewati Jorong Fanta di Kecamatan Matur dengan sistem buka tutup karena dilokasi tersebut sedang dilakukan proses pembersihan pohon tumbang.

Menurut Camat IV Koto, Rahmi Artati menuturkan, hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (4/1) malam disertai angin kencang menyebabkan longsor dan pohon tumbang, ada tiga titik longsor di Jalan Raya Bukittinggi – Maninjau tepatnya di Nagari Sungai Landia.

“Kondisi terparah terdapat di Pintu Angin, Jorong Kampuang Baruah, Nagari Sungai Landia, dengan ketinggian material longsor mencapai tiga meter dan panjang hingga 35 meter, “jelasnya.

Longsor juga terdapat satu titik lain yang juga mengalami longsor yakni di Jorong Sutijo, Nagari Koto Gadang dan tiga titik di Jorong Pahambatan, Nagari Balingka yang merupakan bagian dari jalan alternatif penghubung Bukittinggi dan Padang.

Pembersihan material longsor juga terkendala kekurangan alat berat yang diperbantukan dinas PU Provinsi dibeberapa lokasi lain sehingga hanya menggunakan alat berat dinas PU Agam.

“Untuk sementara pembersihan hanya mengandalkan bantuan alat berat dinas PU agam dan bantuan gotong royong bersama masyarakat,“ sambungnya. (Adek)

Bagikan:
Baca Juga :  150 Siswa SMA Ikuti Pelatihan Bela Negara dan Kemah Kebangsaan
Tags: , , ,



No Responses


close