Jalur Malalak – Sicincin Sudah Dapat Dilalui Kendaraan | Redaksi Sumbar

Jalur Malalak – Sicincin Sudah Dapat Dilalui Kendaraan

Jalur Malalak – Sicincin Sudah Dapat Dilalui Kendaraan Dibaca : 177 Kali
Bagikan:




Kabupaten Agam, RedaksiSumbar.com — Jalur alternatif yang menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi, Sicincin-Malalak-Balingka, Selasa (13/12) siang sudah dapat dilalui kendaraan. Kondisi cuaca yang cerah sejak Senin (12/12) mempercepat tim untuk melakukan pembersihan material.

Longsor yang terjadi beberapa hari lalu  di wilayah tersebut mengakibatkan jalur Padang – Bukittinggi tidak dapat di lalui selama beberapa hari. Meski telah dapat di lalui kendaraan, proses pembersihan masih dilanjutkan karena ada titik yang belum tuntas dibersihkan.

Harmezi, Camat Malalak mengungkapkan hari ini jalur Sicincin-Malalak-Balingka sudah dapat dilalui kendaraan sejak Selasa (13/12) siang dan proses pembersihan masih dilakukan salah satunya di ruas jalan Batu Baapik.

Menurut dia, sebelumnya proses pembersihan jalur itu sempat terkendala karena curah hujan tinggi disertai angin kencang sehingga runtuhan tanah terus terjadi.

“Sejak terjadi longsor, tim gabungan mengupayakan pembersihan material longsor dari badan jalan pada pagi hari namun pada sore dan malam hari kembali terjadi runtuhan tanah. Hal ini menjadi kendala selama pembersihan,” ujarnya.

Pembersihan secara intensif baru dapat dilakukan pada Minggu (11/12) saat kondisi cuaca mulai cerah kembali dan terus dilanjutkan hingga Selasa sore.

Pembersihan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, Dinas PU provinsi, kelompok siaga bencana (KSB) dan perangkat kecamatan dan nagari (desa adat) serta masyarakat sekitar lokasi. Ditambah bantuan dua unit alat berat dari provinsi.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Jumat (2/12) menyebabkan longsor di sepuluh titik di jalur Sicincin-Malalak-Balingka sehingga jalur tersebut ditutup sementara untuk dilewati kendaraan.

BPBD setempat juga menetapkan kondisi tanggap darurat selama satu bulan ini untuk wilayah rawan longsor yakni Kecamatan Malalak, Ampek Koto, Palupuh, Tanjung Raya dan Palembayan. (Debi)

Bagikan:
Baca Juga :  Pondok Mesum di Kawasan Pantai Air Manis Dibongkar, Satpol PP Temukan Bungkus Kondom
Tags: , ,



No Responses

banner 750x100