Januari, Pembangunan Fisik RTLH di Tiga Kecamatan Pessel Dimulai

Januari, Pembangunan Fisik RTLH di Tiga Kecamatan Pessel Dimulai
Kadis Prasjal Tarkim Pessel, Mukridal ketika meninjau salah satu lokasi rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) beberapa waktu lalu. Rega Desfinal.
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) melalui Dinas Prasarana, Jalan, Tata Ruang, dan Pemukiman (Disprasjaltarkim) Kabupaten Pesisir Selatan mengusulkan untuk merehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 573 di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Tiga kecamatan yang diusulkan tersebut diantaranya Kecamatan IV Jurai untuk 122 unit bangunan, Sutera 174 unit dan Lengayang sebanyak 277 unit.

Proses rehabilitasi RTLH sendiri akan dilaksanakan pada bulan Januari 2018 dengan total anggaran untuk satu unit rumah sebesar Rp15 juta yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadis Prasjal Tarkim Kabupaten Pesisir Selatan, Mukridal kepada sejumlah awak media, Jumat (20/10/2017). ”Ada sebanyak 573 unit unit RTLH di tiga kecamatan yang akan dilakukan perbaikan. Saat ini proses pengajuan proposal penghitungan fisik bangunan sudah diusulkan ke Kementerian PU-Pera.

Dikatakannya, untuk petugas lapangan atau fasilitataor nantinya akan dilakukan rekrutmen serta dilakukan pelatihan terlebih dahulu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar). Dalam pembangunan RTLH, juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemprov Sumbar dan pihak penyedia barang bangunan melalui proses tender.

“Kami (Pemkab Pessel, red) hanya sebagai fasilitator saja. Anggaran sendiri langsung dikucurkan dari APBN Pusat,” ujarnya.

Lebih jauh Mukridal mengatakan bahwa untuk RTLH sendiri tidak berdasarkan tipe atau luas bangunan, akan tetapi berdasarkan permintaan pemilik rumah bagaimana bentuk bangunan yang akan direhabilitasi sesuai anggaran yang ditetapkan sebesar Rp15 juta per unitnya.

”Di Kecamatan IV Jurai ada 122 unit kuotanya, Sutera 174 unit, dan Kecamatan Lengayang sebesar 277 unit,” tukasnya. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan