Jemput Aspirasi DPRD Solok Selatan Gelar Reses | Redaksi Sumbar

Jemput Aspirasi DPRD Solok Selatan Gelar Reses

Jemput Aspirasi DPRD Solok Selatan Gelar Reses
DPRD Solok Selatan saat menggelar reses di Kantor Camat Sangir.
Dibaca : 61 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Untuk menjemput aspirasi konstuennya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan, Sumatera Barat gelar reses Kamis (16/3/2017). Kegiatan berawal di wilayah pemilihan I Kecamatan Sangir. Kegiatan ini sekaligus, menjadi ajang curhat warga dan tokoh masyarakat setempat. Mereka menyampaikan keluhan tentang tata kota Kecamatan Sangir yang terlihat bukan seperti layaknya sebuah pusat Kabupaten.

Beragam aspirasi warga muncul mulai, seperti kelanjutan pembangunan RTH Padang Aro, menyelesaikan segera persoalan ganti lahan warga RTH Padang Aro, kelanjutan pembangunan pasar semimodern Padang Aro, kemudian menertibkan perusahaan di daerah Solok Selatan terkait pembukaan lapangan kerja bagi warga lokal.

“Itu menjadi aspirasi masyarakat yang sudah dibahas dari tahun ketahun bahkan saat Musrenbang,” ujar Walinagari Lubuk Gadang, Ultra Dinata.

Sementara, Walinagari Lubuk Gadang Selatan Ari Hendratno, menyampaikan untuk kenagariannya yang diharapkan menjadi skala prioritas tahun 2018 nanti adalah normalisasi sungai Batang Liki pasca bencana banjir Februari 2016 lalu yang merusak ratusan hektare sawah warga.

“Lalu pembangunan irigasi di Jorong Liki Atas, dimana keadaan irigasi sekarang habis total pasca bencana Februari silam. Kemudian pembangunan jembatan penghubung di Bumi Ayu ke Sungai Barameh, dimana anak-anak sekolah terpaksa mengitari jalan ke jorong Sungai Kapur dan menghabiskan biaya lebih besar tiap harinya,” katanya.

Kemudian, Walinagari Lubuk Gadang Timur Kasri menyampaikan aspirasi warganya terhadap peningkatan jalan di Tandai, dan penurunan status hutan TNKS yang menghantui warga.

“Sekarang warga dihantui kecemasan akan dikejar oleh polisi TNKS, padahal supaya tidak terjadi ketimpangan ekonomi, warga ingin memperluas lahan mereka namun takut lahan itu termasuk zona TNKS,” jelasnya.

Selanjutnya Walinagari Lubuk Gadang Utara, Syafrudin R, menyebutkan bahwa yang perlu dibenahi di nagari yang dipimpinnya itu adalah pembangunan jalan tembus Tanggo Akar menuju kampung dalam Sungai Aro. Katanya jalan tersebut sudah sempat menjadi skala prioritas tahun 2016 lalu tapi hingga saat ini belum ada peningkatan jalan tersebut.

Baca Juga :  KWSS Kutuk Kekerasan Terhadap Wartawan

“Kemudian, peningkatan jalan Sampu menuju Sungai Bayu dan tembus ke Sungai Salak lebih kurang 6 km, dan beberapa peningkatan jalan usaha tani di Kotorambah, di Sungai Auh. Lalu normalisasi sungai Batang Sangir di bawah jembatan Sampu serta pembangunan kantor KAN di Kecamatan Sangir,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Syidik Ilyas  mengatakan, melalui reses anggota DPRD ini mudah-mudahan menjadi penyerap aspirasi masyarakat untuk rencana segala pembangunan daerah pada 2018 nanti. Pasalnya, untuk perencanaan pembangunan maka harus berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Semua aspirasi muncul dari masyarakat dan sudah menjadi kewajiban wakil rakyat untuk bisa mendorong semua aspirasi agar bisa terealisasi sesuai harapan,” terangnya.

Syidik juga menyinggung keterlambatan APBD Solok Selatan tahun ini juga tak lepas dari upaya wakil rakyat di DPRD untuk memperjuangkan aspirasi rakyat seperti yang ditampungnya hari ini.

“Kami digaji oleh rakyat, maka sudah sepantasnya memperjuangkan nasib rakyat. Karena yang diinginkan oleh rakyat juga serupa dengan yang kami inginkan,” kata dia.

Sementara Bupati Solok Selatan, melalui Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra, Fidel Effendi mengaku sudah mencatat semua aspirasi masyarakat untuk diselaraskan dengan visi misi Pemkab Solok Selatan.

“Yang sangat kami sayangkan adalah disaat penting seperti ini mestinya seluruh pimpinan OPD mengikutinya, namun terlihat hanya beberapa OPD saja yang hadir. Kami himbau untuk semua pimpinan OPD harus hadir saat reses selanjutnya nanti,” katanya. [Dicky]

 

Bagikan:
Tags: , , ,



No Responses


close