JKSS Naik 50 Persen

JKSS Naik 50 Persen
Ilustrasi. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Anggaran untuk sarana dan prasarana alat kesehatan, kebutuhan tenaga kesehatan, pelayanan daerah terpencil, dan ketersediaan jamban yang termasuk kedalam dana sharing pada program Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) tahun 2019 mengalami kenaikkan.

“Dana sharing JKSS itu ada karena terbatasnya anggaran Kabupaten dan Kota untuk pendanaan program sehingga muncul harapan adanya penambahan persentase dana program JKSS 2019 dari Kabupaten dan Kota yang selama ini 20 persen naik hingga 50 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, Merry Yuliesday, Jumat, 9 Maret 2018.

Untuk kebutuhan tenaga kesehatan menurut Merry, akan ada program kunjungan dokter spesialis di daerah yang diprioritaskan seperti Kabupaten Kepulauan Mentawai, Solok Selatan dan Pasaman Barat.

“Kunjungan dokter spesialis ke daerah-daerah itu dilakukan dua hingga tiga kali dalam setahun,” tambahnya.

Sementara itu, langkah yang telah dilakukan oleh dinkes Sumbar terkait persoalan sarana dan prasarana kesehatan telah melakukan rapat dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) untuk sinkronisasi karena keterbatasan pada puskesmas dan RSUD Kabupaten dan Kota.

“Hasil dari rapat tersebut ditindaklanjuti dengan fasilitasi, verifikasi dan rekomendasi dengan mengusulkan Dana Alokasi Kusus (DAK) pada satuan kerja (satker) Dinkes Kabupaten dan Kota serta pihak rumah sakit daerah dari tanggal 8 sampai 9 Maret 2018 ini,” terangnya.

Terkait penanganan daerah terpencil yang masih sulit diakses masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas di daerah terpencil, Merry mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti dengan melaksanakan pelayanan kesehatan daerah terpencil tersebut. [EFT]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...