Jurnalis Diancam, Personel Satpol PP Padang Ditodong Sebilah Pisau oleh Sekuriti Juliet Pub | Redaksi Sumbar

Jurnalis Diancam, Personel Satpol PP Padang Ditodong Sebilah Pisau oleh Sekuriti Juliet Pub

Jurnalis Diancam, Personel Satpol PP Padang Ditodong Sebilah Pisau oleh Sekuriti Juliet Pub
Sejumlah Jurnalis dan Personel Satpol PP Padang saat melapor ke Polresta Padang atas ancaman dan penodongan yang dilakukan oleh sekuriti Juliet Pub & Karaoke, Jumat (24/3/2017). Foto: Istimewa
Dibaca : 1985 Kali
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Tragis, saat melakukan tugas, personel  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang di todong sebilah pisau oleh salah seorang penjaga keamanan di Juliet Pub & Karaoke di kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Jumat dini hari (24/3/2017) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kejadian itu bermula saat puluhan anggota Satpol PP Padang hendak melakukan penegakkan Perda Nomor 11 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum. Dalam Peraturan Daerah tersebut, disebutkan tempat hiburan hanya boleh beroperasi hingga pukul 02.00 WIB dinihari.

Namun, ketika hendak melakukan penertiban di Juliet Pub & Karaoke di Kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang yang masih beroperasi hingga pukul 03.00 WIB dinihari, Penegak Perda ini dihadang dan dihalang-halangi oleh sejumlah penjaga keamanan di lokasi tersebut.

Bahkan salah seorang anggota Satpol PP Padang bernama Arief Rahman mengaku dirinya ditodong menggunakan sebilah pisau oleh salah seorang penjaga keamanan Juliet Pub & Karaoke.

“Salah seorang sekuritinya menempelkan pisau di rusuk sebelah kanan saya, ketika saya berada di dalam dan hendak melakukan pemeriksaan,” tuturnya. Merasa nyawanya terancam, ia langsung menghindar dari sekuriti tersebut.

Tidak hanya itu, sejumlah jurnalis yang ikut dalam penertiban tersebut juga dihadang dan dihalang-halangi menjalankan tugasnya oleh penjaga keamanan tempat hiburan malam itu.

 

Seorang Jurnalis dari Trans 7, Randi Pangeran menceritakan, ia dan para jurnalis lain yang ikut meliput penertiban  lokasi hiburan malam dihalang-halangi, bahkan juga diancam oleh penjaga keamanan Juliet dengan tongkat baseball.

“Saat saya mau masuk ke dalam Juliet, saya dihalang-halangi oleh sekuriti dan manager Juliet,” ujarnya.

Ia juga didorong oleh manager tempat tersebut bersama empat sekuriti lainnya. Ia mengatakan telah memperlihatkan id card Trans 7, namun mereka tak menghiraukannya.

Baca Juga :  Plt Kasat Pol PP Padang, Yadrison, Jaring Belasan Wanita Malam Serta Pasangan Ilegal

“Setelah didorong hingga saya sampai di luar, seorang yang mengaku preman juga mengancam saya karena melakukan peliputan di tempat itu,” ulasnya.

Dalam hasil rekaman yang berhasil ia amankan, seorang lelaki dengan kepala plontos dengan nada tinggi membentak wartawan itu sambil mendorongnya.

Berapa jurnalis yang ikut dalam penertiban itu, dari Trans 7, RedaksiSumbar.com, KLIKPOSITIF.com, Rajawali TV, ANTV, kemudian melaporkan kasus ini ke Polresta Padang dengan nomor laporan STTL/522/K/III/2017–Spkt Unit II.

Sementara itu, Pihak Satpol PP juga melaporkan hal yang sama atas pengancaman yang dilakukan oleh sekuriti di Juliet Pub & Karaoke tersebut.

Menanggapi laporan ini, Kapolresta Padang, AKBP. Chairul Aziz menyebutkan, silakan dilaporkan, yg penting ada saksi dan bukti-bukti yg kuat.

“Kami pihak Polresta akan memproses secara transparan atas laporan tersebut,” ucapnya.

Mendapati ada sejumlah jurnalis yang dihalang-halangi serta diancam dalam melakukan tugas, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Sumbar serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, melayangkan protes keras terhadap perlakuan semena-mena ini. Rencananya, dalam waktu dekat, para jurnalis Sumbar Raya juga akan melakukan aksi protes terhadap persoalan ini dan menuntut pihak kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut. [Tim]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close