Kadis Pariwisata Pasaman Barat Rencanakan Benahi Objek Wisata Air Terjun Sipagogo | Redaksi Sumbar

Kadis Pariwisata Pasaman Barat Rencanakan Benahi Objek Wisata Air Terjun Sipagogo

Kadis Pariwisata Pasaman Barat Rencanakan Benahi Objek Wisata Air Terjun Sipagogo
Tampak Kepala Dinas Pariwisata,Armen,(Tengah), bersama rombongan di Lokasi Air Terjun Sipagogo, Minggu (12/3/2017). [Bisri Batubara]
Dibaca : 880 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Keberadaan air terjun Sipagogo di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendapat perhatian serius Pemkab Pasaman Barat untuk dikembangkan menjadi destinasi unggulan di pedalaman Bumi Tuah Basamo ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen, rencanakan menjadikan pengembangan objek wisata yang berada di kaki Bukit Barisan itu sebagai bahasan serius dalam melakukan pengembangannya.

Dalam rangka pengembangan kawasan wisata itu, Minggu (12/3/2017) kemarin, tim dari Dinas Pariwisata Pasaman Barat langsung turun ke lapangan untuk melakukan inventarisasi pengembangan destinasi ini.

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Armen, tim bersama-sama jajaran pemerintah Kecamatan Lembah Melintang dan Organisasi pencinta alam melakukan penelusuran di lapangan untuk pendataan potensi pengembangan. Termasuk mendata pengembangan infrastruktur untuk mendukung objek wisata ini.

“Tim kami sudah turun ke lapangan untuk menginventarisasi rencana pengembangan destinasi yang ditemukan masyarakat itu,” ungkapnya.

Disampaikan Armen, adanya air terjun Sipagogo di Jorong Situak itu menambah deretan objek wisata alam di Pasaman Barat. Sebelumnya Dinas Pariwisata sudah menginventarisasi air terjun Lenggo Geni yang sudah masuk dalam rencana induk pariwisata daerah.

Sehingga dengan adanya air terjun Sipagogo, kata Armen semakin menambah daya tarik wisatawan ke Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. Terlebih di Jorong Situak juga menjadi kampung budaya yang masih lestari dengan berbagai tradisi dan budaya masyarakat hingga saat ini.

“Air terjun Sipagogi itu akan menambah objek wisata di Tepian Lembah Melintang, Memang sudah ada Kapalo Banda yang disampaikan kelompok sadar wisata, namun Sipagogo itu lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Karena itu, Dinas Pariwisata lanjut Armen menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintahan Jorong Situak, Nagari Ujung Gading yang menemukan adanya air terjun Sipagogo sehingga menjadi daya tarik di pedalaman.

Baca Juga :  Peduli Kebersihan, Ratusan Siswa SMA PGRI 1 Padang Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Padang

Begitu juga dengan peran Pemerintah Kecamatan Lembah Melintang yang langsung mempublikasikan potensi ini. Sehingga wisata Kecamatan Lembah Melintang semakin terkenal. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam upaya mendukung pengembangan objek wisata ini. Apalagi menuju air terjun ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 1 jam, yang perlu didukung dengan akses yang nyaman.

Menurutnya dalam pengembangan ini tidak harus dengan menunggu alokasi di anggaran pendapatan dan belanja daerah. Namun juga dapat dengan peran serta swasta melalui berbagai program pengembangan destinasi wisata.

“Kita akan lihat apa yang dibutuhkan dan kita inventarisasi. Kita akan koordinasikan dengan semua stakeholder. Kita berharap bisa didukung peran swasta,” jelasnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: ,



No Responses


close