Kampanye, Petahana Boleh Pakai Pesawat Negara

Kampanye, Petahana Boleh Pakai Pesawat Negara
Bagikan:




JAKARTA, RedaksiSumbar.com – Presiden Joko Widodo dipastikan akan kembali maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, meskipun akan cuti karena menjalani masa kampanye, Jokowi akan diizinkan menggunakan pesawat kepresidenan ke berbagai daerah dalam kepentingan pilpres.

“Meskipun cuti, segala fasilitas yang ada bagi seorang presiden aktif itu melekat dan tertera di undang-undang,” katanya, Senin, 9 April 2018.

Arief menjelaskan bahwa capres petahana tetaplah seorang presiden. Oleh karena itu, segala fasilitas yang melekat seperti pesawat presiden tetap boleh digunakan saat berkampanye sebagai capres petahana.

Hal itu dalam rangka mencegah segala kemungkinan terburuk yang bisa saja menimpa presiden jika tidak menggunakan fasilitas dengan keamanan yang ketat.

“Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan berisiko,” ucapnya.

Seperti halnya pesawat, capres petahana juga boleh menggunakan mobil kepresidenan saat berkampanye. Arief mengungkapkan pertimbangan yang sama, yakni demi keamanan.

Aturan tersebut pun telah dimuat dalam rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang kampanye yang telah disepakati Komisi II DPR, Bawaslu, dan Kemendagri meski belum disahkan. [Red]

 

Sumber: CNNIndonesia.com




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...