Kasiterrem Analogikan Belajar Pancasila Seperti Naik Pesawat

Kasiterrem Analogikan Belajar Pancasila Seperti Naik Pesawat
Kasiterrem 032/Wirabraja, Kolonel Inf Asep Apandi menganalogikan belajar Pancasila seperti naik pesawat. (Elfitos)

PADANG, RedaksiSumbar.com – Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf Asep Apandi menganalogikan pembelajaran Pancasila seperti naik pesawat, dimana ketika pesawat lepas landas, akan dijelaskan sejumlah petunjuk mengenai situasi perjalanan.

“Walaupun kita naik pesawat sudah berulang kali, kita selalu diberikan pemahaman yang sama, seperti itu juga ketika belajar mengenai empat pilar, termasuk Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Asep saat memberikan materi tentang empat pilar di Aula Kanwil Kemenag Sumbar, Sabtu (10/2/2018).

Berita terkait : Pancasila Dinilai Tak Bertentangan Dengan Islam

Dia juga menjelaskan bahwa Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah dan tetap melekat bagi seorang warga Indonesia.

“Walau kita berbeda, kita punya satu tujuan. Berbeda dari agama, suku, ras, adat, adalah suatu keniscayaan seperti diajarkan di agama Islam. Keberagaman itu sudah ditakdirkan. Bangsa lain banyak yang iri dengan keberagaman namun tetap bisa berdamai dan bersatu,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut mantan Dandim 0701/Banyumas, Jawa Tengah tersebut, menyikapi perkembangan zaman, Indonesia diharapkannya jangan hanya sebagai konsumen semata, melainkan juga sebagai produsen.

“Karena Indonesia itu kaya dan beragam, sangat potensi dan dunia melirik Indonesia sebagai pasar besarnya,” tutupnya. [EFT]



Topik: , , ,
Loading...

Subscribe