Kasus Dugaan Korupsi Mantan Sekda Solok Selatan Masuki Tahap II

Kasus Dugaan Korupsi Mantan Sekda Solok Selatan Masuki Tahap II
Polres Solok Selatan (IST)
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan, menyerahkan kembali berkas perkara kasus dugaan korupsi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada Sekretariat Kantor Bupati Solok Selatan tahun anggaran 2010 ke Kejaksaan Negeri setempat, Kamis, (16/11/2017).

Kasus dugaan tindak pidana korupsi ini, melibatkan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan, “ADL” dan dua tersangka lain “EZ” sebagai bendahara pengeluaran induk Setkab Solok Selatan, dan “AK” sebagai bendahara umum daerah (BUD) Kabid Akuntansi di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Total kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp500 juta lebih.

Kapolres Solok Selatan, AKBP M Nurdin didampingi Kasat Reskrim, AKP Omri Yan Sahureka menyebut, setelah melalui proses yang cukup lama hingga pemberkasan dinyatakan lengkap (P21, red), akhirnya pelimpahan tahap II bisa dilaksanakan.

“Tiga tersangka ini, telah ditetapkan sebagai tersangka sejak akhir 2015 silam. Namun, hingga habis masa berlaku tiga kali perpanjangan penahanan, berkas perkara belum juga dinyatakan lengkap,” katanya.

Menurutnya, kasus dugaan korupsi ini juga telah gelar perkara dihadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga anti rasuah tersebut merekomendasikan perbaikan berkas dilanjutkan kembali.

“Sebelum dilakukan pelimpahan tahap II ini, seluruh kesehatan para tersangka telah dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelah dinyatakan sehat baru kita limpahkan ke Kejaksaan,” katanya.

Selain itu lanjutnya, penyidik telah mempersiapkan surat pemberitahuan ke KPK, kasus yang tengah ditangani ini telah masuk pada pelimpahan tahap II ke Kejasaan. Dikarenakan, kasus yang ditangani Polres Solok Selatan ini menjadi sorotan KPK.

“Diharapkan, kepada seluruh pejabat dan pengelola keuangan negara agar tidak melakukan tindakan korupsi. Agar percepatan pembangunan daerah tidak terkendala,” pungkasnya. [DKY]




Bagikan:
Loading...