Keindahan yang Membahayakan, Chack Dam Bukan Destinasi Wisata | Redaksi Sumbar

Keindahan yang Membahayakan, Chack Dam Bukan Destinasi Wisata

Keindahan yang Membahayakan, Chack Dam Bukan Destinasi Wisata
Bagikan:




Padang, RedaksiSumbar.com–Keindahan kadang membutakan, tak peduli nyawa taruhannya. Begitulah secara tak sadar yang dilakukan para pengunjung Chak Dam (Bendungan Pengendali) di Batang Air Dingin, Kel. Koto Pulai, Kec. Koto Tangah, Kota Padang. Bahkan Pemerintah Kota Padang, melalui Dinas Pariwisata telah berulang kali memperingatkan masyarakat untuk tidak menganggap lokasi ini sebagai destinasi wisata.

“Lokasi ini sangat berbahaya, rawan bencana, dan Chack Dam ini bukanlah objek wisata,” imbau Medi Iswandi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang.

Biasanya, di bawah bendungan ini pengunjung sering mandi-mandi dan berfoto untuk mengabadikan lokasi yang mirip Air Terjun Niagara di Amerika Utara tersebut. Padahal di lokasi ini banyak bongkahan besi dan beton bekas ambrukan Chack Dam. Selain itu bendungan ini sewaktu-waktu bisa saja ambruk atau terjadi air bah tanpa diketahui karena hujan di hulu dan akhirnya membahayakan keselamatan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata menambahkan, Chack Dam merupakan salah satu bangunan pengendali banjir Kota Padang yang didesain pada tahun 1980 dan selesai dilaksanaan pembangunannya pada tahun 2001. Saat ini kondisi Chack Dam dalam keadaan rusak berat, akibat gemba bumi tahun 2009 dan banjir bandang yang menghantam beberapa kali. Bahkan Balai Wilayah Sungai Sumatera V sudah melakukan review perencanaan dan akan melakukan pengerjaan rekontruksi terkait dengan kerusakan bangunan tersebut.

Untuk itu, tak bosan-bosannya Pemerintah Kota Padang menghimbau kepada warganya untuk tidak mengunjungi lokasi ini. (Red/hm)




Bagikan:
Baca Juga :  Prospek Cuaca Sumatera Barat 13 Hingga 15 Januari 2017
Tags: , ,



Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

banner 750x100


close