Kekurangan Komputer, UNBK SMK 1 Solok Selatan Terpaksa Dibagi Tiga Shif

Kekurangan Komputer, UNBK SMK 1 Solok Selatan Terpaksa Dibagi Tiga Shif
foto : Ilustrasi
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sebanyak 247 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Solok Selatan, Sumatera Barat ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Senin (3/4/2017). Ujian ini dilaksanakan dengan pembagian tiga shif waktu ujian.

“Peserta UNBK terdiri dari tujuh jurusan. Untuk pelaksanaan UNBK ini kita membagi dalam tiga shif. Hal ini, dilakukan karena keterbatasan ketersediaan komputer dalam pelaksanaan UNBK,” kata Plt Kepala SMK N 1 Solok Selatan, Efrisol.

Menurutnya, ketersediaan komputer dalam pelaksanaan UNBK sebanyak 95 unit dengan 4 server yang memanfaatkan akses internet fiber optic 10 mega byte dari Provider Asinet. “Sejauh ini kita dalam pelaksanaan UNBK kita terkendala pasokan listrik PLN. Karena, kita tidak mendapat jaminan listrik aman saat ujian dari pihak PLN,” kata dia.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi matinya listrik pihaknya mengeluarkan biaya tambahan untuk operasional mesin genset. “Dengan demikian sekolah harus siapkan alokasi dana sekitar Rp 4 juta untuk penyewaan genset. Dimana, genset tersebut dihidupkan saat mati lampu saja,” kata dia.

Sedangkan, untuk biaya akses internet pihaknya mengeluarkan biaya sebesar Rp 6 juta tiap bulan. Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Novrizon mengatakan, di Solok Selatan sekolah yang mampu melaksanakan UNBK hanya tiga sekolah yakni SMKN 1, SMKN 5 dan SMAN 1 Solok Selatan.

“Sebelumnya pada 2016 hanya SMKN 1 yang melaksanakan UNBK. Di 2017 ada kemajuan penambahan dua sekolah lagi. Namun, listrik masih menjadi kendala sebab tidak ada jaminan listrik tidak padam selama ujian dari PLN sehingga sekolah harus menyewa genset,” katanya.

Dia menambahkan, untuk peserta didik Paket C di Solok Selatan nantinya juga akan melaksanakan UNBK. Dimana pelaksanaan diperkirakan pada Mei 2017. [Dicky]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan