Keluarga Pasien Akan Bawa Kasus Dugaan Kelalaian Petugas Puskesmas Pada Proses Hukum | Redaksi Sumbar

Keluarga Pasien Akan Bawa Kasus Dugaan Kelalaian Petugas Puskesmas Pada Proses Hukum

Keluarga Pasien Akan Bawa Kasus Dugaan Kelalaian Petugas Puskesmas Pada Proses Hukum Dibaca : 970 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kesedihan masih menyelimuti keluarga pasien Rizal alias Itad (45) warga Kampung Kelumpang, Kenagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas yang meninggal beberapa hari yang lalu, Selasa (14/3) karena gangguan pernafasan .

Diduga akibat kurangnya pelayanan petugas Puskesmas, membuat nyawa salah seorang warga harus melayang, hanya gara-gara uang Rp180 ribu untuk biaya ambulance tidak ada.

Rasna (50) salah seorang anggota keluarga pasien yang meninggal mengatakan, kejadian itu berawal saat Itat usai meminum kopi. Tiba-tiba saja ia mengalami sesak nafas, sehingga harus dibawa ke Pukesmas Pasar Kuok, Kecamatan Batang Kapas untuk mendapatkan pelayanan.

“Pasien sempat membaik usai mendapatkan bantuan oksigen dari pihak Puskesmas,” terang Rasna, Minggu (19/3/2017) .

Ia menjelaskan, karena tidak mungkin pasien dirawat di rumah, petugas mengarahkan kepada keluarga pasien segera dirujuk ke RSUD M. Zain, Painan. Saat itu petugas meminta biaya administrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan oksigen.

“Ketika itu kami sedang panik dan tidak membawa uang,” tuturnya.

Kemudian dirinya mencoba menghubungi pihak Wali Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilia, Kecamatan Batangkapas Yusrizal untuk datang Puskesmas. Walaupun pihak wali nagari menjamin biaya administrasi sebesar Rp180 ribu, dan akan dibayar. Namun, petugas Puskesmas tetap mempertahankan SOP.

“Karena tidak diperbolehkan maka kami dari keluarga menggunakan mobil Wali Nagari untuk ke RSUD M. Zain Painan tanpa ada perlengkapan oksigen,” katanya.

Namun belum sampai di rumah sakit, korban sudah meninggal dunia. Hal ini membuat Wali Nagari berang, karena nyawa pasien itu penting didahulukan ketimbang uang.

Walinagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilia, Yusrizal kepada beberapa rekan media mengatakan, karena adanya kejadian tersebut dan telah menjadikan warganya jadi korban, akibat itu, ia akan berupaya membawa insiden itu pada proses hukum sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Pria Paruh Baya Tewas Ditikam Tetangganya Sendiri Di Solok Selatan

“Kami akan membuat pernyataan tertulis ke Bupati, bahwa insiden yang dialami warga kami harus ditindaklanjuti. Ini akan kami tembuskan ke Kejaksaan, Kepolisian serta pihak-pihak tertentu, supaya dapat diadili seadil-adilnya dan tak terulang kembali,” tegas Walinagari di depan keluarga pasien, disaat berada di kediaman duka.

Ia berharap hal ini bisa ditangani secara benar sesuai undang-undang dan peraturan yang ada, agar tidak terulang kembali. [Irfan Galang]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close