KEM Diyakini Dapat Tingkatkan Kesejahteraan

KEM Diyakini Dapat Tingkatkan Kesejahteraan
Salah satu hasil produk olahan hasil tani masyarakat di Kabupaten Solok, Sumbar. (Istimewa)
Bagikan:




SOLOK, RedaksiSumbar.com – Kelompok Ekonomi Masyarakat (KEM) diyakini selain dapat menekan angka pengangguran, jenis usaha yang dijalankan juga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Seperti yang dilakukan oleh Forum Layanan Iptek bagi Masyarakat (Flipmas) dan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I dengan mendirikan tiga KEM yang tersebar di Sumbar, salah satunya di Kabupaten Solok.

“Adapun ketiga KEM tersebut adalah KEM Lubuk Gadang Selatan (Lugas) yang terletak di Kabupaten Solok Selatan, KEM Argo Industri Ketaping di Kabupaten Padang Pariaman, dan KEM Argowisata di Kenagarian Tikalak,” kata Ketua Flipmas Minangkabau, Ellyza Nurdin, Kamis (8/2/2018).

Saat ini ketiga KEM tersebut memiliki penghasilan yang cukup fantastis, untuk KEM Ketaping penghasilan bersihnya adalah Rp12 juta per bulan, KEM Lugas memiliki penghasilan mencapai Rp19 juta per bulan, dan penghasilan bersih yang diperoleh KEM Tikalak setiap bulannya mencapai hingga Rp 147 juta.

“Program KEM tersebut telah berjalan sejak dua tahun lalu dengan total nilai bantuan yang digulirkan sebesar Rp1,5 milyar rupiah,” ujarnya.

Vice President CSR Pertamina, Agus Mashud menyatakan bahwa masyarakat sangat antusias sejak pertama kalinya ide tersebut digagas hingga akhirnya bisa menghasilkan pundi-pundi bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami berterimakasih atas sikap kooperatif masyarakat Sumbar sehingga bisa menciptakan KEM yang mampu menopang hidup masyarakat banyak. Kami harap ke depannya KEM dapat merangkul lebih banyak masyarakat dan lebih bermanfaat bagi orang banyak”, ucap Agus. [Red]

 




Bagikan:
Topik: ,
Loading...