Kementan RI Cetak Sawah di Nagari Desabaru, Pasaman Barat | Redaksi Sumbar

Kementan RI Cetak Sawah di Nagari Desabaru, Pasaman Barat

Kementan RI Cetak Sawah di Nagari Desabaru, Pasaman Barat Dibaca : 600 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Rencana Pemerintah Pusat menjadikan Nagari Desabaru, Kecamatan Ranahbatahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat sebagai Lumbung Padi terbasar di Provinsi Sumatera Barat ini sudah berjalan. Penggarapan lahan itu dilakukan secara bertahap.

Penggarapan perdana dilakukan tahun 2016 seluas 37 hektare dan akan berlanjut ditahun 2017 seluas 137 hektare.

“Pengajuan percetakan sawah baru ini direncanakan seluas 800 hektare. Dan ini selesainya direncanakan pada tahun 2019 mendatang,”  ungkap Mantan Wali Nagari Desabaru, Suyadi Handoko, Sabtu (18/3/2017) di Desa Baru.

Dengan program cetak sawah itu nantinya, Pasaman Barat akan menjadi sentral pangan di Provinsi Sumatera Barat. Karena program itu akan terus berlanjut.

“Kita akan kawal sampai cetak sawah itu selesai, karena masyarakat Nagari Desabaru ini mayoritas petani dan sudah banyak bukti yang diberikan Pemerintah Pusat berupa penghargaan  tahun 1982 Swasembada beras dari program Bimas Inmas,” sebutnya.

Ditahun 1989 Kelompok Tani Jaya Kusuma meraih penghargaan Lomba Intensifikasi Kedelai tingkat Nasional meraih juara 2.

“Desabaru memang peraih penghargaan pangan yang luar biasa di Tingkat Sumatera Barat yang tidak tersebutkan satu persatu, karena masih banyak penghargaan lainnya,” ucapnya.

Dari itulah, masyarakat Nagari Desabaru sangat kecewa sejak lahan pertanian mereka di alih fungsikan oleh Investor PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) sejak tahun 2002 lalu.

“Hasil pertanian pangan sudah surut sejak tahun 2002, karena lahan mereka sudah dijadikan HGU (Hak Guna Usaha-Red) oleh PT. BTN atas dasar penyerahan ninik mamak pada tahun sebelumnya,” katanya.

Untuk itu, kami sangat berharap cetak sawah ini berlanjut dan bisa Nagari Desabaru ini menjadikan lumbung beras Sumatera Barat.

“Nagari Desabaru akan menjadi lumbung beras berkelanjutan apabila cetak sawah ini selesai,” harapnya.

Baca Juga :  Mendadak, Ribuan Ikan Mati di Sungai Batang Alin, Muaro Kiawai, Pasbar

Kepala Dinas Pertanian Pasaman Barat, Memizesmita, Saat dikonfirmasi, Sabtu (18/3/2017) melalui telepon genggamnya membenarkan kalau di Desabaru sudah ada cetak sawah tahun 2016.

“Tahun 2017 ini di Desabaru akan dilaksanakan percetakan sawah dan sekarang masih melakukan perencanaan pelaksanaan,” jelasnya. [Bisri Batubara]

 

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close