Kemristekdikti Biayai PMW Hingga Rp40 Juta

Kemristekdikti Biayai PMW Hingga Rp40 Juta
Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus mengikuti lokakarya kewirausahaan dari Kemristekdikti di PNP. (Dok: Delisa Fitra Amran/UKM Pers)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyatakan akan danai setiap usaha yang dijalankan oleh mahasiswa dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Rp10 juta hingga Rp40 juta sebagai upaya mendukung dan mengembangkan usaha mahasiswa yang telah dijalankan.

Hal tersebut disampaikan oleh pemateri dari Kemristekdikti, Hanny Wijaya saat memberikan Lokakarya Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2018 yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Padang, Limau Manis, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 31 Maret 2018.

“KBMI yang diadakan oleh Ristekdikti ini bertujuan untuk mengembangkan usaha mahasiswa yang telah ada dan akan didanai oleh Ristekdikti dengan anggaran Rp10 juta-Rp40 juta rupiah per satu kelompok yang lulus KBMI dengan syarat-syarat yang telah ditentukan,” tutur Hanny.

Pembekalan tersebut dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri dan dibuka langsung oleh Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Ismet Yus Putra.

Tidak hanya dari PNP, sejumlah mahasiswa dari Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman, STIKES Mercubaktijaya Padang, STMIK Indonesia Padang, Universitas Andalas, Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Negeri Padang, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) juga ikut dalam pelatihan tersebut.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah melakukan berbagai program dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru di Perguruan Tinggi. Program-program tersebut meliputi program Co-op UMKM, PKMK dan program lainnya yang ada di Perguruan Tinggi masing-masing.

Sejak tahun 2009 program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dilaksanakan untuk memberikan bantuan modal bagi mahasiswa yang sudah memiliki keterampilan berwirausaha dari berbagai program sebelumnya dan sudah memulai usahanya.
Pada tahun 2017, program PMW direvitalisasi menjadi program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan pengelolaan secara sentraliasi.

Program ini digagas untuk memberikan wadah bagi mahasiswa mempraktekan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat, melalui pemberian modal bisnis dan pendampingan. [DFA/Red]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...