Keputusan Belum Inkrah, 7 Rumah Warga di Pessel Disegel | Redaksi Sumbar

Keputusan Belum Inkrah, 7 Rumah Warga di Pessel Disegel

Keputusan Belum Inkrah, 7 Rumah Warga di Pessel Disegel Dibaca : 1854 Kali
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sengketa perkara perdata tanah dan bangungan, seluas kurang lebih 5 hektare di Nagari Asam Kambang, Kecamatan Bayang antara Si Aar yang tidak lain merasa pemilik tanah obyek perkara dengan beberapa warga yang telah puluhan tahun menempati tanah tersebut. Sempat dilakukan penyegelan 7 rumah oleh orang-orang Si Aar. Rumah mereka yang disegel yakni rumah milik Imes, Opek, Er, Mur, Ida, Siska dan Puri yang ditutup mengunakan papan ,dan mengalami pecah kaca. Pada saat kejadian,  sang penghuni rumah harus lari dari dalam rumah, ketika orang yang diduga suruhan merusak kaca dan menyegel pintu rumah tersebut. Padahal menurut mereka, obyek perkara perdata ini belum mempunyai keputusan Inkrah (berkekuatan hukum tetap) dari Pengadilan Negeri Pesisir Selatan.

Tidak senang atas perbuatan perusakan yang terjadi beberapa waktu lalu itu, Selasa (15/3/2017) sekitar pukul
20.00 WIB  mereka melaporkan hal itu ke pihak Polres Pesisir Selatan.

Ipur (56) tahun, petani, adalah salah seorang pemilik rumah yang terkena segel. Ia mengatakan, sudah hampir 15 tahun ia tinggal bersama istri dan anak-anaknya di tanah dan rumah tersebut. Tiba-tiba saja datang beberapa orang ke rumah beberapa warga yang berada di Kampung Limau Asam, Nagari Asam Kamba, Kecamatan Bayang.

“Takut, dan kami berhamburan keluar rumah takut terjadi apa-apa. Makanya kami langsung lari,” ungkapnya.

Sementara itu Kasat Serse AKP. Muhardi, S.I.K ditemui di ruang kerjanya mengatakan, atas laporan pengaduan dari salah seorang pelapor perusakan dan penyegelan rumah saat ini memang benar telah masuk, dengan terlapor sebanyak 3 orang.

“Kita akan panggil saksi-saksi terkait masalah ini,” terang Kasat Serse.

Mendapat laporan dari warga, Kabag Ops. Kompol. Mirza S, ditemui di lapangan, Kamis (17/3/2017) mengatakan, Polres Pessel turun ke lokasi mengamankan warga.

Baca Juga :  Diduga Salah Gunakan Visa, Tim PORA Imigrasi Padang Amankan 2 WNA Asal Tionghoa di Tambang Emas Solsel

“Kita hanya bertugas mengamankan, tidak ada memihak satu pihak pun,” ungkapnya.

Ia menegaskan, Polres Pessel siap mengamankan lokasi masalah, sebelum obyek sengketa ini mendapatkan keputusan inkrah dari Pengadilan atau Pejabat Tinggi Pengadilan lainnya. [Irfan Galang/Rega]

Bagikan:
Tags: , ,



No Responses


close