Kesbangpol Pasbar Gelar Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula | Redaksi Sumbar

Kesbangpol Pasbar Gelar Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Kesbangpol Pasbar Gelar Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula
Kepala Kesbangpol Pasbar, Edison Zalmi poto bersama Narasumber dan para siswa yang mengikuti sosialisasi. [Bisri Batubara]
Dibaca : 101 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Bandan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan sosialisasi penyuluhan pendidikan masyarakat bagi pemilih pemula, Jumat (12/5/2017) di Gedung Pertemuan Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

Maksud dan tujuan kegiatan itu sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam melakukan pembinaan dan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya pemili pemula. Selanjutnya meningkatkan wawasan, pemahaman serta persepsi tentang pemilihan eksekutif dan legislatif pada tahun 2019 nanti.

Soaialisasi itu diikuti oleh 100 orang siswa yang terdiri dari 50 siswa SMA Negeri 1 Talamau dan 50 siswa SMK Negeri 1 Talamau serta tokoh masyarakat dan beberapa narasumber.

Kepala Kesbangpol Pasaman Barat, Edison Zalmi, dalam sambutanya mengatakan, sosialisasi penyuluhan pendidikan politik masyarakat bagi pemilih pemula tentang eksekutif dan legislatif tentu akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Selain menambah wawasan, pengalaman pendidikan politik tersebut juga merupakan bermanfaat bagi pembelajaran pesta demokrasi.

Ia mengatakan, tahun 2019 ini merupakan tahun politik. Mengapa dikatakan demikian, karena di tahun itu ada pemilihan anggota legislatif yaitu anggota DPRD Tingkat II, anggota DPRD Tingkat I dan anggota DPR RI serta pemilihan Presiden Republik Indonesia.

“Kita di Pasaman Barat ditahun 2019 nanti akan melakukan Pemilihan Anggota DPR dan Presiden, ditaihun 2021 nanti baru melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ungkap Edison Zalmi.

Menghadapi Pileg dan Pilpres serta Pilkada, banyak Partai Politik (Parpol) peserta pemilu saat mulai disibukan dengan macam-macam persiapan. Maka dari itu pulalah, sudah terjadi peningkatan intensitas politik.

”Arti penting sosilasiasi ini guna membangun komuniksi politik dalam rangka menciptakan pemimpin yang peka terhadap masyarakat,” katanya.

Edison Zalmi juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak terjebak pada gesekan horizontal maupun gesekan vertikal sehingga memicu terjadinya konflik sosial ditengah masyarakat. Sebab, pada dasarnya hal-hal kecil yang berbentuk propokasi dapat menghambat jalanya pesta demokrasi.

Baca Juga :  Kontingen O2SN Kecamatan Lembah Melintang Raih Juara Umum

“Tingkatkan pasrtisipasi kita pada pilkada. Dengan banyaknya partisipasi masyarakat, maka secara tidak langsung juga akan melahirkan pemimpin terpilih yang sangat berkualitas,” tuturnya.

Diharapkan, peserta pemilih pemula diharapkan untuk dapat mengikuti pemilu eksekutif dan legislatif 2019 nanti.

“hasil pemilu akan menentukan nasib daerah dan bangsa kedepan. Untuk itulah diharapkan pemilih pemula untuk dapat memilih calon pemimpin yang punya visi dan misi membangun daerah dan bangsa, buka semata memilih karena materi atau ikatan kekerabatan,” sebut Edison Zalmi mengakhiri. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close