Kompetisi Ball Lunau Digelar Di Pauh Duo, Solok Selatan | Redaksi Sumbar

Kompetisi Ball Lunau Digelar Di Pauh Duo, Solok Selatan

Kompetisi Ball Lunau Digelar Di Pauh Duo, Solok Selatan
Ball Lunau merupakan salah satu tradisi unik yang masih lestari di Solok Selatan.
Dibaca : 274 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sekitar 16 tim sepak bola ambil bagian pada kompetisi “Ball Lunau” yang digelar di Pakan Salasa, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat Rabu (28/6/2017). Tradisi unik ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari.

Humas Panitia Pelaksana Ball Lunau Fauzi Deswandri mengatakan, Ball Lunau ini merupakan sebuah tradisi sejak lama di Solok Selatan ini. Ball Lunau dalam bahasa minang berarti sepak bola lumpur.

“Sepak bola lumpur ini dimainkan oleh 6 orang dalam satu tim dan dimainkan diareal persawahan setelah panen, dalam jangka waktu 10 menit per babaknya,” kata dia.

Menurutnya, Ball Lunau ini pada dahulunya sering dimainkan pada alek nagari setelah panen sawah. Kegiatan ini biasanya dipadukan dalam menyambut masa tanam padi di Solok Selatan.

“Beranjak dari itu, kita sebagai generasi muda yang ada saat ini ingin melestarikan warisan budaya ini. Jika Payakumbuh punya pacu jawi, kita di Solok Selatan punya Ball Lunau alias sepak bola lumpur,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini untuk pelestarian Ball Lunau ini diadakan saat libur lebaran. Karena, saat libur lebaran ini tamu dan para perantau berada di Solok Selatan. Hal ini, sekaligus sebagai bentuk pengenalan tradisi unik ini kepada para tamu dan perantau yang datang ke Solok Selatan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita bisa melestarikan tradisi dan budaya yang ada di Solok Selatan. Sehingga Solok Selatan semakin dikenal diluar,” pungkasnya. [Dicky]

Bagikan:
Baca Juga :  Polsek Lenggayang, Pessel Sita Puluhan Senjata Mainan
Tags: , , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close